batampos.co.id – Pemerintah daerah belum menetapkan lokasi karantina di setiap Kecamatan. Sejumlah tokoh masyarakat meminta satgas covid-19 pemerintah daerah menyiapkan segera kebutuhan. Fadilah, tokoh pemuda di Ranai menuturkan, masyarakat menginginkan Satgas percepatan penanganan Covid-19 Natuna segera menyiapkan lokasi karantina massal di setiap Kecamatan, khususnya di Kecamatan Bunguran Timur.

”Meski penerbangan ke Natuna sudah dibatasi, menyiapkan lokasi dan tempat karantina massal sangat penting. Karena pintu masuk akan dibuka kembali sesuai jadwalnya pada pertengahan bulan ini,” ujar Fadilah kemarin.

Fadilah menilai, pintu masuk ke Natuna harus tetap diawasi ketat untuk menjamin masyarakat Natuna dari dampak wabah Corona.

“Kita ingin Natuna tetap aman dari penyebaran Covid-19, status zona hijau tetap dipertahankan pemerintah daerah sampai pandemi ini berakhir,” harapnya.

Sekretaris Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Natuna, Syawal Saleh mengatakan, pemerintah akan segera menyampaikan segala usulan yang disampaikan oleh sejumlah perwakilan elemen masyarakat, baik Ormas, dan OKP kepada Ketua Satgas.

Sawal mengatakan, tentunya pemerintah daerah saat ini terus melakukan karantina wilayah untuk membatasi keluar masuk manusia ke Natuna maupun sebaliknya.

Sejauh ini, transportasi laut sudah ditiadakan sementara, termasuk penerbangan pesawat juga dibatasi.

“Pencegahan wabah ini perlu dukungan semua pihak, termasuk elemen masyarakat baik OKP dan ormas, untuk turut mendukung program pemerintah,” ujar Sawal. (arn)