batampos.co.id – Jumlah pasien positif Covid-19 di Ibu Kota Provinsi Kepri, Tanjungpinang, yang dikonfirmasi sembuh per Selasa (12/5/2020) bertambah satu orang.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kepri, Tjetjep Yudiana, mengatakan, apabila tidak ada tambahan kasus dalam beberapa hari ke depan, Tanjungpinang menuju bebas Covid-19.

“Pejabat Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kepri yang berisial AL, 45, dinyatakan sembuh. Ini kasus tunggal, karena tidak ada menularkan kepada yang lain,” ujarnya.

Dia menjelaskan, di Tanjungpinang tersisa 4 pasien positif Covid-19. Dari jumlah yang tersisa itu, dua dirawat di rumah sakit, dan dua lainnya menjalani karantina mandiri.

Menurut Tjetjep, tidak ada penambahan kasus positif di Tanjungpinang dalam tiga hari belakangan.

“Batam ada tambahan dua kasus. Secara kumulatif, kasus positif untuk lokal adanya 77 kasus,” jelasnya.

Tim dokter dan perawat berswafoto dengan pasien covid-19 yang sembuh dan hendak pulang dari RSUD Embung Fatimah, Batuaji, Minggu (3/5/2020). Foto: Dalil Harahap/batampos.co.id

Disebutkannya, dari jumlah tersebut, 50 sudah dikonfirmasi sembuh, 14 masih menjalani perawatan, dan dua sedang dikarantina. Sedangkan sembilan lainnya dinyatakan meninggal.

“Sedangkan untuk klaster Rumah Sakit Khusus Infeksi Galang, tersisa empat orang yang sedang diobservasi,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia menambahkan, berdasarkan data yang dikumpulkan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kepri dari kabupaten/kota di Kepri, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) bertambah 10 orang di Batam.

Kemudian Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Batam juga ikut bertambah sebanyak 161 orang.

Sedangkan OTG bertambah 19 orang, yakni terjadi di Batam dan Tanjungpinang.

“Kembali saya ingatkan, untuk menekan penyebaran Covid-19, hendaknya kita tetap memperhatikan protokoler kesehatan. Karena belakangan ini tren kasus positif di Provinsi Kepri cenderung sudah menurun,” tutup Tjetjep.(jpg)