batampos.co.id – Wakil Bupati Lingga M Nizar menyerahkan paket sembako murah kepada warga Kecamatan Singkep dan Kecamatan Singkep Pesisir yang terdampak ekonomi akibat pandemi Covid-19 di Kabupaten Lingga. Paket Sembako yang hanya dibandrol Rp 100 ribu tersebut akan disalurkan ke seluruhan Kecamatan yang ada di Kabupaten Lingga.

Adapun sembako yang termasuk dalam paket sembako murah tersebut yakni 10 kg beras, 4 kg gula, 4 kg tepung dan 3,6 liter minyak goreng. Keseluruhan sembako ini juga ditotal dengan harga normal berkisar Rp 250 ribu, namun warga hanya membayar sebesar Rp 100 ribu saja.

“Saya kira kegiatan ini dapat membantu dan meringankan masyarakat yang layak menerima, sesuai dengan program Pemerintah Kabupaten Lingga,” ujar Nizar saat menyerahkan paket sembako secara simbolik di Kelurahan Dabo Lama, Selasa (12/5) pukul 09.00 WIB.

Nizar menambahkan, Pemkab Lingga telah menetapkan sejumlah kegiatan dan program dalam hal penanggulangan Covid-19, salah satunya program bantuan masyarakat terdampak ekonomi melalui bazar sembako murah yang dilaksanakan oleh Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Perdagangan menggunakan anggaran APBD Kabupaten Lingga sebesar Rp 600 juta.

“Untuk pembukaan, penyerahan sembako murah ini dilaksanakan di Kecamatan Singkep dan Singkep Pesisir. Program ini akan menyentuh seluruh Kecamatan yang ada di wilayah kerja Pemkab Lingga,” ujar Nizar.

Nizar juga mengharapkan agar seluruh bantuan penanganan Covid-19 baik yang bersumber dari dana Pemkab Lingga, bantuan Pusat dan Povinsi agar dilaksanakan secepatnya atau pada bulan Ramadan ini. Bukan untuk mencari simpati ataupun popularitas, Nizar memastikan hanya untuk mencari berkah di bulan yang suci serta mempercepat bantuan sampai ke masyarakat yang membutuhkan.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Perdagangan Ajis mengatakan, seluruh paket sembako yang telah disiapkan sebanyak 3.000 paket. Keseluruhan paket berisikan sembako yang sama untuk seluruh warga di setiap Kecamatan yang ada di Bunda Tanah Melayu ini.

“Di Kecamatan Singkep saja kami telah menurunkan sebanyak 700 paket. Data ini semua sesuai dengan apa yang kami terima dari usulan tiap-tiap Kecamatan,” kata Ajis.

Sedangkan setiap masyarakat penerima bazar sembako murah, akan menerima kupon untuk mengambil sembako sekaligus menyerahkan dana Rp 100 ribu kepada panitia penyerahan sembako tersebut.(wsa)