batampos.co.id – PT TJK Power sebagai perusahaan penyedia tenaga listrik swasta berbahan batu bara di Batam, membagikan paket sembako, masker dan handsanitizer ke masyarakat yang berada di Kampung Punggur Dalam, Sei Kasam, Teluk Nipah dan Pulau Kasam, Senin (18/5).

Penyerahan bantuan ini bentuk kepedulian serta dukungan terhadap masyarakat atas dampak Covid 19. Selain itu, TJK Power juga berusaha mencegah penyebaran Covid 19 dengan memberikan bantuan Handsanitizer dan masker ke masyarakat.

“Bantuan yang kami berikan berupa 60 jeriken Handsanitizer, 600 box masker dan 600 paket sembako senilai Rp 60juta yang ditujukan ke 600 kepala keluarga di empat kampung disekitar PLTU Tanjungkasam,” kata Direktur Pengembangan Bisnis dan Usaha PT TJK Power, Ahmad Baihaqi Basyarah, Senin (18/5/2020).

Ia mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk tanggung jawab sosial PT TJK Power, sebagai perusahaan pembangkit listrik yang sudah beroperasi sejak tahun 2012 di Pulau Batam dalam membantu masyarakat menghadapi pandemi Covid-19.

PT TJK Power sebagai perusahaan penyedia tenaga listrik swasta berbahan batu bara di Batam, membagikan paket sembako, masker dan handsanitizer ke masyarakat yang berada di Kampung Punggur Dalam, Sei Kasam, Teluk Nipah dan Pulau Kasam, Senin (18/5/2020). Foto: Fiska Juanda/batampos.co.id

“Kami mengharapkan situasi ini dapat cepat kembali normal dan kami dapat terus berkontribusi terhadap masyarakat Batam,” ucapnya.

Komitmen TJK Power dalam melawan wabah Covid-19, kata Baihaqi ditunjukkan melalui penerapan program pendeteksian, pencegahan, respon dan antisipasi penularan infeksi Virus Corona di lingkungan internal Perusahaan.

Langkah ini merupakan bentuk inisiatif manajemen PT TJK Power, dalam mendukung himbauan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau dalam pencegahan penyebaran virus Covid-19 di lingkungan kerja dan sekitarnya.

“Adapun langkah-langkah antisipasi yang telah dilakukan oleh TJK Power antara lain memberikan edukasi kepada seluruh karyawan melalui rapat bulanan. Dan memberikan buku panduan pencegahan penularan covid-19 di Kawasan PLTU Tanjung Kasam,” ungkapnya.

Selain itu juga meningkatkan sarana dan prasarana kebersihan area PLTU Tanjung Kasam. Seluruh karyawan di area PLTU Tanjung Kasam diwajibkan menggunakan masker sesuai dengan surat himbauan Walikota Batam mengenai penggunaan masker di lingkungan kerja dan di luar lingkungan kerja.

PT TJK Power juga menyediakan ruang tamu khusus untuk menerima tamu dan rekan bisnis.

Ruangan tersebut dibersihkan dan disemprot cairan desinfektan sebelum dan sesudah pertemuan berlangsung. PT TJK Power memastikan bahwa lingkungan kerja di PLTU.

“Tanjung Kasam siap menghadapi wabah covid-19. Pencegahan dan penanganan wabah covid-19 di area PLTU Tanjung Kasam sudah sesuai dengan anjuran World Health Organization Indonesia.” ucap Baihaqi.

Sekilas tentang PT TJK Power PT TJK Power merupakan sebuah perusahaan penyedia tenaga listrik swasta berbahan bakar batu bara berkapasitas 2×65 MW yang berada di Tanjung Kasam, Batam.

Dibangun di areal seluas 32 hektar pada kawasan pantai, PLTU ini juga mempunyai dermaga sendiri untuk menampung pasokan batubaranya.

Saat ini, PLTU yang mulai beroperasi sejak tahun 2012 tersebut mempunyai peran yang cukup signifikan dalam menyuplai kebutuhan listrik untuk masyarakat Batam dan sekitarnya.(ska)