Jumat, 19 April 2024

Kementerian Kelautan dan Perikanan Menyerahkan Bantuan Olahan Ikan Sehat Bermutu

Berita Terkait

batampos.co.id – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Batam, menyerahkan bantuan olahan ikan sehat bermutu kepada masyarakat perikanan, tenaga medis dan masyarakat terdampak pandemi corona virus disease (Covid-19).

Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis kepada Pemko Batam. Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, mengatakan, pihaknya menyambut baik atas bantuan yang diberikan KKP untuk masyarakat Batam.

Khususnya untuk pasien Covid-19, tenaga medis masyarakat terdampak Covid-19. Sebagaimana diketahui bahwa ikan memiliki banyak kandungan nutrisi yang bisa meningkatkan imunitas tubuh.

”Saat ini ada sekitar 18 pasien Covid-19 yang masih menjalani perawatan di rumah sakit. Mudah-mudahan akhir Ramadan ini bisa sembuh semua,” kata Rudi, Senin (18/5/2020).

Dijelaskannya bahwa sampai saat ini belum ada vaksin yang dapat menyembuhkan
Covid-19, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan Covid-19 adalah dengan meningkatkan imunitas tubuh.

Itu sebabnya dengan banyak mengonsumsi ikan diharapkan bisa membantu meningkatkan imunitas tubuh.

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi (kiri) menerima bantuan olahan ikan sehat dari KKP yang diberikan oleh Kepala Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Batam, Anak Agung Gede Eka Susila. Foto: Media Center Pemko Batam

”Karena itu kami mengucapkan banyak terima kasih atas bantuan yang diberikan
KKP untuk masyarakat Batam,” katanya.

Kepala Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan
(BKIPM) Batam, Anak Agung Gede Eka Susila, mengatakan, jumlah bantuan yang diserahkan kepada Pemko Batam di antaranya sebanyak 3.325 kg ikan beku dan 2.500 kaleng ikan sarden.

Kemudian 1.500 bungkus bakso ikan dan 1.250 pcs minyak sayur yang kemudian dikemas dalam 1.250 paket.

Tujuan dari penyerahan bantuan ikan sehat bermutu dalam Bulan Mutu Karantina tahun2020 tersebut diantaranya memberikan edukasi dan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 melalui konsumsi ikan sebagai makanan bergizi untuk memperkuat imunitas tubuh.

”Kandungan nutrisi pada ikan seperti seng, asam lemak omega 3, DHA, Vitamin A, D,
B6 dan B12 pada ikan dapat menguatkan sistem kekebalan tubuh dalam menangkal pathogen asing termasuk virus,” katanya.

Kemudian pihaknya juga berharap bantuan ini bisa menumbuhkan sikap empati dan berbagi kepada masyarakat perikanan, tenaga medis dan masyarakat umum yang terdampak Covid-19.

Selain itu juga membangun sinergi dan partisipasi masyarakat beserta pemangku kepentingan untuk bersama-sama melawan Covid-19 melalui gerakan makan ikan.

Agung menjelaskan selain kegiatan bagi ikan sehat bermutu, pada bulan Ramadan tahun 2020 ini, KKP secara nasional mengadakan program bagi nasi ikan yaitu pembagian
nasi bungkus sebanyak 15.000 bungkus per hari selama 20 hari untuk masyarakat umum
yang terdampak Covid-19 dalam rangka mendorong peningkatan konsumsi ikan
sebagai sumber protein yang sudah berlangsung sejak tanggal 30 April 2020.

”Kegiatan bulan mutu karantina ini juga didukung oleh Komisi IV DPR RI dan DPD Komite II selaku mitra Kementerian Kelautan dan Perikanan,” katanya.(iza/gie)

Update