batampos.co.id – Kapolri Jenderal Idham Azis menaikkan pangkat satu tingkat lebih tinggi kepada 77 Perwira Tinggi (Pati) Polri. Upacara Korps Raport atau kenaikan pangkat ini digelar di Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (20/5).

Korps Raport ini merupakan kelanjutan dari Surat Telegram Rahasia (TR) yang dikeluarkan Kapolri Jenderal Idham Azis pada 1 Mei 2020 lalu. Antara lain, ST/1377/V/KEP/2020, ST/1378/V/KEP/2020, ST/1379/V/KEP/2020, ST/1380/V/KEP/2020, ST/1381/V/KEP/2020, ST/1382/V/KEP/2020, ST/1383/V/KEP/2020. Kapolri melakukan rotasi besar-besaran kepada para anggotanya.

Sementara itu, Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Awi Setiyono mengatakan, dalam Korps Raport ini terdiri dari tiga Pati Polri yang mendapat promosi dari Inspektur Jenderal (Irjen) menjadi Komisaris Jenderal (Komjen) alias Bintang 3.

“Di antaranya, Komjen Boy Rafli sebagai Kepala BNPT, Komjen Andap Budi Revianto selaku Inspektur Jenderal Kemenkumham dan Komjen Rycko Amelza Dahniel sebagai Kabaintelkam Polri,” kata Awi, kepada wartawan, Rabu (20/5).

Selanjutnya, ada 26 pati yang dinaikan pangkatnya dari Brigjen ke Irjen. Mereka adalah S SDM Kapolri Irjen Sutrisno Yudi Hermawan, Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono, Kakor Sabhara Baharkam Polri Irjen Wahyudi Hidayat.

Lalu, Kadensus 88 Polri Irjen Marthinus Hukom, Gubernur Akpol Irjen M. Asep Syahrudin. Serta 10 orang Kapolda, yakni Kapolda Kalimantan Utara, Bengkulu, Gorontalo, Bangka Belitung, Maluku Utara, Jawa Tengah, Sulawesi Barat, Papua Barat, Kalimantan Tengah, dan Sulawesi Tenggara. Serta 16 jabatan Irjen lainnya adalah tugas di internal Polri.

Kemudian, untuk kenaikan pangkat dari Kombes ke Brigjen dilakukan kepada 48 personel. Di antaranya adalah Karo Binkar SSDM Polri Brigjen Suwondo Nainggolan, Direktur Tindak pidana Khusus Bareskrim Polri Brigjen Helmy Santika, Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono, dan Karo Multimedia Divisi Humas Polri Brigjen Muharrom Riyadi.

Dalam acara kenaikan pangkat ini hanya dihadiri oleh Pati Polri yang berdinas di DKI Jakarta. “Sementara yang berdinas di luar Jakarta mengikuti melalui virtual di tempat masing-masing,” jelas Awi.

Dalam upacara kali ini pun tetap mengedepankan standar protokol kesehetan Covid-19. Seperti penggunaan masker dan tetap menjaga jarak antarpersonel polisi.(jpg)