Kamis, 28 Maret 2024

Puskesmas Buka Pelayanan 24 Jam Selama Libur Lebaran

Berita Terkait

batampos.co.id – Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Kota Batam tetap memberikan pelayanan kepada masyarakat selama libur lebaran Idul fitri.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Didi Kusmarjadi, mengatakan, pelayanan di Puskesmas selama libur Idul Fitri 1441 tetap dilakukan selama 24 jam.

“Puskesmas tetap buka 24 jam. Kita buka UGD (unit gawat darurat) tiap Puskesmas untuk pelayanan selama libur lebaran ini,” kata Didi, Selasa (19/5/2020).

Ia menjelaskan, meski hanya UGD yang dibuka, pelayanan yang diberikan tak cuma kegawatdaruratan. Tapi juga klinik umum untuk layanan kesehatan lainnya.

“Kita hanya buka UGD karena untuk efisiensi tenaga. Tapi semua bisa berobat ke UGD. Nanti di setiap Puskesmas kita stand by-kan minimal tiga orang petugas,” ujarnya.

Hal senada diungkapkan Kepala Puskesmas Tiban Baru, Ana Hasina. Selama libur lebaran ini Puskesmas Tiban Baru tetap membuka layanan untuk masyarakat.

Tim medis yang bertugas di Puskesmas Sei Panas. Selama libur lebaran Idul Fitri pelyanan di Puskesmas tetap buka selama 24 jam. Foto: Media Center Pemko Batam

Puskesmas telah menyusun jadwal piket tenaga medis yang berjaga untuk pelayanan selama libur Kamis (21/5/2020) hingga Senin (25/5/2020).

“Nanti akan ada petugas piketnya untuk melayani masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan kesehatan. Tapi libur kan tidak lama, Selasa depan sudah masuk semua karena tidak ada cuti bersama. Cuti bersamanya digeser ke akhir tahun,” tutur Ana.

Ia mengatakan setiap petugas medis di Puskesmas dilengkapi dengan alat pelindung diri saat pelayanan.

Hal ini bertujuan tak lain mencegah potensi penularan covid-19. Sebab banyak pasien positif covid-19 yang tidak bergejala.

“Selama pandemi ini jumlah pasien yang berobat ke Puskesmas berkurang. Tapi petugas tetap siaga. Maka kami bekali petugas dengan alat pelindung diri bagi petugas,” ujarnya.(*/esa)

Update