batampos.co.id – Kota Batam mencatat transaksi tertinggi pada program Hari Kuliner Nasinonal (Harkulnas) GoFood selama masa pandemi Covid-19.

VP Regional Sumbagsel Gojek Indonesia, Erika Agustine, mengatakan, GoFood berhasil
meningkatkan omzet 74 ribu ribu mitra usaha melalui promo beragam kuliner favorit melalui program Hari Kuliner Nasional (Harkulnas) GoFood yang berlangsung dari 1 April hingga 5 Mei 2020 lalu.

Ia memaparkan, tidak dapat dipungkiri, ada kecemasan terhadap keberlangsungan usaha kuliner lokal terus berlangsung terutama sejak diberlakukannya physical distancing.

“Namun jika dilihat dari jumlah transaksi di GoFood, kami justru melihat adanya peningkatan dalam satu bulan terakhir,” jelansya melalui pernyataan tertulis yang diberikan kepada batampos.co.id, Rabu (20/5/2020).

Karena lanjutnya, dengan semakin ketatnya aturan yang membatasi kontak sosial, terdapat perubahan perilaku konsumen yang sebelumnya memiliki banyak pilihan untuk makan di tempat makan, menjadi melakukan pemesanan makan secara online dari rumah.

“Hal ini menyebabkan banyak mitra merchant UMKM kami yang bisnisnya bergeser dari penjualan offline ke online sepenuhnya,” jelasnya.

Ia mengatakan, berbagai upaya untuk menciptakan demand pun dilakukan pihaknya. Termasuk Harkulnas GoFood, untuk meningkatkan eksposur dan visibilitas mitra usaha agar menjaga kelangsungan pendapatan mitra merchant termasuk UMKM.

Kata dia, selama Harkulnas, GoFood turut meningkatkan penjualan harian merchant dengan cara mempromosikan UMKM lewat shuffle cards diaplikasi agar menjangkau lebih banyak pelanggan; memberikan promo ongkir pada pelanggan; mengurangi biaya operasional melalui voucher diskon belanja bahan baku; serta meningkatkan efisiensi bisnis UMKM lewat fitur “Recommended Campaign” di aplikasi GoBiz.

Di tengah situasi ini program Harkulnas GoFood 2020 membantu mencatat keberhasilan puluhan ribu mitra UMKM dalam memaksimalkan pendapatannya.

Jumlah pesanan dan omzet merchant yang berpartisipasi rata-rata 12 persen lebih tinggi dibandingkan merchant di luar program.

Untuk di wilayah Sumbagsel sendiri, mitra merchant yang berpartisipasi pada Harkulnas GoFood 2020 di Kota Palembang masing-masing berhasil mencatat jumlah pertumbuhan pendapatan hingga 14 persen dan pemesanan sebesar 11 persen.

Sedangkan untuk mitra merchant GoFood di Kota Batam, sebagai salah satu kota dengan pertumbuhan transaksi tertinggi selama program Harkulnas berlangsung, mencatat
rata-rata pertumbuhan jumlah omzet hingga 17 persen dan pemesanan lebih dari 14 persen.

Keduanya jika dibandingkan dengan merchant yang tidak berpartisipasi dalam program Harkulnas GoFood.

Berikut beberapa temuan menarik selama Harkulnas yang dapat menjadi referensi UMKM kuliner dalam menyusun strategi bisnis di tengah kondisi pandemi:

● Batam merupakan salah satu kota dengan pertumbuhan transaksi tertinggi selama           program
● Aneka Kopi menjadi minuman yang paling sering dipesan menemani masyarakat yang       semakin banyak bekerja dari rumah
● Ayam Geprek dan Aneka Nasi Goreng adalah tipe makanan yang paling banyak dipesan     karena selain sudah populer di GoFood, pengguna kini turut memesan menu tersebut       untuk anggota keluarga yang lebih lama menghabiskan waktu di rumah
● Waktu pemesanan tertinggi terjadi pada pukul 18.00 – 20.00 WIB (sebelum Ramadan)       dan pukul 16.00 – 19.00 WIB (saat Ramadan)

“Selain hasil yang positif dari Harkulnas, harapan mitra usaha kuliner untuk bisa berangsur pulih terlihat semakin besar yang terlihat dari peningkatan transaksi serta pertumbuhan omzet rata-rata mitra merchant GoFood sebesar 10 persen diawal bulan Mei ini, dibandingkan minggu sebelumnya di bulan April,” paparnya.

“Bahkan, beberapa merchant yang menjual snack atau camilan mengalami kenaikan transaksi yang lebih tinggi, yaitu 30 persen dibandingkan sebelum masa pandemi, hal ini dikarenakan perubahan preferensi konsumen yang kini lebih banyak menghabiskan waktu di rumah,” lanjut Erika.

GoFood lanjutnya, terus mendukung UMKM kuliner melewati masa sulit pandemi termasuk melalui gerakan nasional #BanggaBuatanIndonesia yang membantu UMKM menjalankan bisnis secara online.

Guna membantu UMKM menjaga kepercayaan pelanggan, GoFood terus mengimbau mitra untuk memperketat protokol keamanan dan kebersihan makanan, termasuk penerapan contactless delivery.

“GoFood dan mitra UMKM menghadapi pandemi ini bersama. Program-program yang selama ini telah kami fasilitasi seperti Harkulnas, telah membuka jalan bagi para mitra usaha kuliner untuk semakin dikenal masyarakat luas dan menjadi pilihan kuliner favorit baru bagi pelanggan,” tuturnya.

“Agar secara konsisten dapat terus menjadi andalan, bahkan setelah masa promo berakhir. Kami optimis bahwa bersama-sama, pasti ada jalan untuk terus bertahan melalui masa sulit ini,” tutup Erika.(*/esa)