Jumat, 29 Maret 2024

Ujian SKB CPNS Mulai Agustus Mendatang

Berita Terkait

batampos.co.id – Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) calon pegawai negeri sipil (CPNS) telah menjadwalkan pelaksanaan seleksi kompetensi bidang (SKB) CPNS formasi 2019. Rencananya, SKB mulai berlangsung setelah seleksi kompetensi dasar (SKD) untuk sekolah kedinasan.

”Penetapan jadwal SKB CPNS Formasi Tahun 2019 diperkirakan pada Agustus hingga September, setelah pelaksanaan SKD sekolah kedinasan 2020 yang dijadwalkan pada Juli mendatang,” ujar Kepala Badan Kepega\waian Negara (BKN), Bima Haria Wibisana usai memimpin rapat secara virtual di Jakarta, Selasa (19/5).

Bima mengatakan, jadwal ini akan ia sampaikan untuk mendapat persetujuan dari Presiden Joko Widodo. ”Jika SKD sekolah kedinasan 2020 terlaksana sesuai jadwal yang ditetapkan, maka jadwal SKB Cpns Formasi Tahun 2019 diperkirakan dapat berlangsung setelahnya,” ujar Bima.

Namun, lanjut dia, realisasi jadwal yang disusun Panselnas ini masih sangat bergantung pada penetapan status kedaruratan Covid-19 di Indonesia. Karenanya, selain menunggu persetujuan presiden terhadap jadwal yang ditetapkan, Panselnas juga mempertimbangkan rekomendasi dari Gugus Tugas Penanganan Covid mengenai update status darurat Covid-19.

Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN Suharmen menambahkan, bila disetujui, pihaknya sudah menyiapkan infrastruktur pelaksanaan tes di masa pandemi. pihaknya telah melakukan uji coba atau stress testing sistem Computer Assisted Test (CAT) online. Langkah ini dilakukan sebagai upaya antisipasi pelaksanaan SKD sekolah kedinasan Tahun 2020 dan SKB CPNS Formasi Tahun 2019 jika status darurat masih belum di longgarkan.

”Salah satu yang sudah dilakukan uji coba adalah pelaksanaan ujian CAT pada seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Kementerian Agama,” tuturnya.

Ujicoba metode CAT Online ini dilakukan Selasa (12/5) lalu. Saat ini, BKN juga terus melakukan pemutakhiran secara sistem dan teknologi untuk pelaksanaan seleksi secara massal nanti. Sehingga, proses seleksi bisa berjalan dengan baik dan sesuai dengan protokol kesehatan.

Sebelumnya, pelaksanaan SKB yang rencana digelar mulai 25 Maret 2020 terpaksa harus ditunda. Keputusan penundaan ini dilatarbelakangi oleh pandemic Covid-19 yang sudah ditetapkan sebagai Bencana Nasional. Penundaan pelaksanaan SKB ini telah pun disampaikan oleh Panselnas melalui Surat Menteri PANRB Nomor B/318/M/SM/01.00/2020 tanggal 17 Maret 2020 perihal Penundaan Jadwal SKB Seleksi CPNS Formasi Tahun 2019.(jpg)

Update