batampos.co.id – Status Kecamatan Nongsa yang awalnya Hijau berubah menjadi kuning dikarenakan adanya seorang warga di wilayah tersebut terkonfirmasi positif Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Didi Kusmarjadi, mengatakan, peningkatan status Kecamatan Nongsa disebabkan salah seorang warga di Kelurahan Jabi, Nongsa, dinyatakan positif Covid-19.

“Itu berdasarkan penyisiran dari tim Puskesmas Kampung Jabi dan saat di rapid test ternyata reaktif. Kemudian dilakukan swab dan diketahui hasilnya positif,” jelasnya, Kamis (21/5/2020).

Didi menjelaskan, berdasarkan keterangan pasien, dia hanya menjalani aktivitasnya sehari-hari dan tidak merasakan gejala apapun.

“Keterangan yang kita dapat dia ini kerap berbelanja di Jodoh dan berjualan di rumahnya,” paparnya.

Petugas medis memeriksa suhu badan salah seorag pedagang di Pasar Botania 2 Kota Batam. Foto: Media Center untuk batampos.co.id

Hingga saat ini pihaknya belum mengetahui dari mana pasien tersebut terjangkt Covid-19.

Agar penyebaran tidak semakin luas, pihaknya bersama tim Puskesmas melakukan penyisiran ke mana saja pasien tersebut beraktivitas di sekitar kediamannya.

“Dia bilang pernah salat jamaah di masjid dan kita lakukan penyisiran ke situ dan sekarang yang bersangkutan sudah dirujuk ke RSKI di Galang,” paparnya.

“Dengan temuan ini Kecamatan Nongsa yang awalnya status hijau menjadi kuning,” paparnya lagi.

Didi berharap seluruh masyarakat Kota Batam terus mengikuti imbaun pemerintah. Yaitu menjaga jarak, rajin mencuci tangan dan jika mendesak dan harus keluar rumah wajib menggunakan masker.

“Intinya virus ini bisa kita cegah, dengan catatan masyarakat harus disiplin,” tuturnya.(esa)