batampos.co.id – PT Jamkrindo atau Perusahaan Umum Jaminan Kredit Indonesia cabang Batam menyerahkan bantuan berupa 100 paket bahan pangan kepada 100 Kepala Keluarga (KK) di Kampung Nelayan, Tanjung Uma, Rabu (20/5/2020) siang lalu. Kegiatan ini dilaksanakan serentak di 56 cabang PT Jamkrindo di seluruh kawasan di Indonesia.

“Ada 5600 paket bahan pangan yang kami bagikan. Masing-masing cabang, membagikan 100 paket, termasuk di Kota Batam,” ujar Kepala Cabang PT Jamkrindo Batam, Syamsir Syarif di sela-sela pembagian paket di Kampung Nelayan, Tanjung Uma, beberapa waktu lalu.

Syamsir menyebutkan, masing-masing paket ini berisi beras, tepung, gula, minyak goreng, ikan sarden kaleng, serta biskuit.

“Ini momennya Ramadan, sekaligus kita tengah menghadapi pandemi global. Banyak warga terdampak. Kepala keluarga di PHK, pendapatan warga menurun. Atas wujud empati itu, kami memutuskan membuat gerakan sosial yang didukung seluruh direksi, dan karyawan,” ungkap Syamsir.

Kepala Jamkrindo Cabang Batam, Syamsir Syarif beserta staf memberikan paket pangan kepada masyarakat Kampung Nelayan di Tanjunguma. Foto: Istimewa untuk batampos.co.id

Dia mengungkapkan, memilih RT 01 Kampung Nelayan, karena dari lima kawasan yang mereka survey, sebagian besarnya sudah mendapatkan bantuan dari pemerintah.

“Banyak warga di sini terkena PHK, kurang perhatian, demikian juga kondisi lingkungannya. Ada 100 KK di RT 01, semua kami berikan,” ungkapnya.

Mengenai sumber dana pemberian bantuan ini, Syamsir menyebutkan, gerakan Jamkrindo Peduli Dampak Covid-19 ini merupakan bentuk konkret responsif dan empati segenap insan Jamkrindo atas situasi pandemi yang terjadi.

Dimana, mereka berhasil mengumpulkan Rp 2,9 miliar donasi yang berasal dari potongan gaji direksi, potongan THR karyawan dan uang apresiasi perusahaan untuk karyawan yang dilakukan secara sukarela.

“Selain kepada warga, kami juga telah menyerahkan bantuan alat pendukung kesehatan berupa masker, APD, Hazmat, Handsanitizer, dan lainnya ke rumah sakit yang membutuhkan di Indonesia,” ungkapnya.

Selain memberikan paket yang diinisiasi mereka sendiri, perusahaan BUMN yang juga sebagai penjamin 300 ribu paket bantuan sosial di Batam ini turut bersama sinergitas BUMN menyalurkan 5000 paket bahan pangan yang disalurkan kepada warga terdampak di Indonesia.

Sementara itu, secara nasional, Jamkrindo juga berkomitmen membantu UMKM agar bisa memiliki daya tahan di masa pandemi ini.

Komitmen ini ditujukan dengan berbagai inisiatif strategi seperti penyaluran pinjaman kemitraan dan melakukan pendampingan UMKM.

Pemberian kredit modal kerja melalui pinjaman kemitraan ini diharapkan bisa membantu menggerakkan roda perekonomian khususnya bagi pengusaha mikro yang feasible but not bankable.

“Kami senantiasa dan berkomitmen menjalankan program kemitraan yang ditujukan untuk meningkatkan kemampuan usaha kecil mitra binaan Jamkrindo agar menjadi tangguh dan mandiri sekaligus memberikan multiplier effect bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ujar Direktur Utama Jamkrindo, Randi Anto.

Selama masa pandemi Covid-19 ini, Jamkrindo konsisten mendampingi mitra binaan. Di Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark, misalnya.

Mereka memberikan bantuan pelatihan dan penyediaan sayur organik dengan sistem tanam hidroponik untuk Asosiasi Homestay Ciletuh sejak pertengahan Maret lalu untuk memberi nilai tambah bagi homestay dan pendapatan sampingan pemilik homestay.(cha)