Kamis, 25 April 2024

Masjid Istiqlal Gelar Takbir Secara Virtual

Berita Terkait

batampos.co.id – Pandemi membuat kemeriahan Idul Fitri 1441 H dominan berlangsung secara virtual. Masjid Istiqlal Jakarta pun mengagendakan acara takbir secara virtual, sehingga tidak ada perayaan di masjid tersebut.

Menariknya, acara takbir secara virtual dapat disaksikan oleh umat Muslim di seluruh Tanah Air. “Takbiran ada tapi virtual, masing-masing (ikut takbiran) dari rumah,” ujar Kepala Protokol Humas Masjid Istiqlal Abu Hurairah saat dihubungi, Kamis (21/5).

Takbir secara virtual di Masjid Istiqlal ini rencananya disiarkan secara live di TVRI. Namun demikian, Abu Hurairah belum merinci jadwal penayangan takbir tersebut.

Sebagaimana diketahui, pemerintah melarang umat Islam melaksanakan salat Id secara berjamaah di masjid dan lapangan. Salat Idul Fitri dapat dilakukan di rumah secara berjamaah atau sendiri.

Menko Polhukam Mahfud MD menerangkan, larangan itu berdasar Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 9 Tahun 2020 mengenai Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

“Kegiatan keagamaan yang sifatnya masif seperti salat berjamaah di masjid atau salat Idul Fitri di lapangan itu termasuk kegiatan yang dilarang oleh Permenkes Nomor 9 Tahun 2020,” kata Mahfud kepada wartawan, Selasa (19/5).(jpg)

Update