batampos.co.id – Status Kecamatan Nongsa yang awalnya Hijau berubah menjadi kuning setelah seorang warga di wilayah tersebut terkonfirmasi positif Covid-19. Pasien merupakan warga Kampung Jabi, Nongsa, yang bekerja sebagai pedagang. Dia pun kini diisolasi di Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) galang.

Kepala Dinas Kesehatan(Dinkes) Kota Batam Didi Kusmarjadi mengatakan dari hasil penelusuran dari pasien kasus ke-79 ini, ada 18 orang yang berinteraksi. Di antaranya anggota keluarga (anak, istri, serta pembantu) dan close contact kepada warga lainnya, karena ia sempat salat berjemaah di masjid yang diikuti 10 orang. “Ini data sementara, besok (hari ini, red) akan di-swab,” terang Didi.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Didi Kusmarjadi, mengatakan, peningkatan status Kecamatan Nongsa disebabkan salah seorang warga di Kelurahan Jabi, Nongsa, dinyatakan positif Covid-19.

“Itu berdasarkan penyisiran dari tim Puskesmas Kampung Jabi dan saat di rapid test ternyata reaktif. Kemudian dilakukan swab dan diketahui hasilnya positif,” jelasnya, Kamis (21/5/2020).

Didi menjelaskan, berdasarkan keterangan pasien, dia hanya menjalani aktivitasnya sehari-hari dan tidak merasakan gejala apapun.

“Keterangan yang kita dapat dia ini kerap berbelanja di Jodoh dan berjualan di rumahnya,” paparnya.(uma)