batampos.co.id – Merayakan hari raya Idul Fitri selalu identik dengan bermacam hidangan makanan, baik makanan berat maupun makanan ringan. Namun apabila dikonsumsi secara berlebihan dan tidak menerapkan perilaku hidup sehat, maka dapat mempengaruhi dan memicu berbagai penyakit.

Maka dari itu, menjaga kesehatan dengan memperhatikan pola makan sehat sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Ketua Perhimpunan Sarjana dan Profesional Kesehatan Masyarakat Indonesia (Persakmi) Provinsi Kepulauan Riau, Andi Kurniawan, menyampaikan berdasarkan teori HL Blum, satu dari 4 faktor yang mempengaruhi derajat kesehatan masyarakat adalah perilaku.

“Karena dengan perubahan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) ke arah yang lebih baik dan konsisten, merupakan strategi mendasar dalam upaya pencegahan dan pengendalian penyakit baik menular maupun tidak menular,” sebutnya saat dikonfirmasi wartawan Batam Pos Online, Rabu (27/5).

Persakmi Provinsi Kepulauan Riau juga menyampaikan 8 tips menjaga kesehatan pasca Lebaran di masa pandemi Covid -19.

Berikut ini tipsnya yaitu:

1. Cuci tangan pakai sabun di air mengalir atau menggunakan hand sanitizer.

2. Tetap mengunakan masker ketika bekerja dan beraktivitas di luar rumah.

3. Cek kesehatan secara berkala sesuai protokol kesehatan Covid-19 di fasilitas kesehatan.

4. Enyahkan asap rokok dan zat adiktif lainnya.

5. Rajin olah raga minimal 30 menit dalam sehari.

6. Diet seimbang dan teratur (atur porsi makanan dalam 1 piring makan: 2/3 bagian makanan pokok, 2/3 bagian sayuran, 1/3 bagian lauk pauk dan 1/3 bagian buah-buahan).

7. Istirahat cukup dan teratur, minimal 7-8 Jam sehari.

8. Kelola stress dan perkuat ibadah. (fai)