Rabu, 17 April 2024

Positif Covid-19 Bertambah 415 Orang, Total 23.165 Pasien di Indonesia

Berita Terkait

batampos.co.id – Pasien positif Covid-19 di Indonesia masih terus bertambah. Kabar baiknya, angka penambahan pada Selasa (26/5) menurun dibanding hari sebelumnya. Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto, pada Selasa (26/5), mengumumkan terdapat penambahan 415 pasien. Total, jumlah pasien positif Covid-19 di Indonesia mencapai 23.165 kasus.

Sementara itu, untuk pasien yang berhasil sembuh jumlahnya mencapai 235 orang pada Selasa (26/5) dan total menjadi 5.877 pasien yang sembuh. Sedangkan pasien meninggak bertambah 27 orang dan totalnya mencapai 1.418 kasus.

ā€œIni tersebar di 406 kabupaten/kota yang terdampak dari seluruh provinsi di Indonesia,ā€ sebut Yurianto dalam jumpa pers di Gedung BNPB, Jakarta, Selasa (26/5).

Pemerintah tidak henti mengimbau kepada masyarakat untuk mengikuti standar kesehatan yang telah ditetapkan untuk mencegah penularan Covid-19. Di antaranya adalah menjaga jarak aman dengan orang lain, menggunakan masker ketika keluar rumah, dan rajin cuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir.

ā€œMari kita maknai data-data ini, bahwa penularan masih terus terjadi. Oleh karena itu mari kita sama-sama putuskan permasalahan ini. Mari kita mulai kehidupan normal yang baru. Yaitu dengan melakukan pola bersih dan hidup sehat,ā€ paparnya.

Yuri ā€“ sapaan akrab Achmad Yurianto, dalam kesempatan itu mengimbau kepada kepala keluarga untuk terus mengingatkan anggota keluarganya supaya mengikuti standar kesehatan untuk melindungi diri. Menurutnya sebaik-baik kontrol sosial di masyarakat adalah dilakukan melalui keluarga.

Yuri juga sempat menyinggung rencana pemerintah dalam memberlakukan kehidupan new normal atau kenormalan baru di daerah yang dianggap memiliki kepatuhan yang baik dalam menerapkan pola hidup sehat. Salah satu tujuannya supaya daerah atau wilayah tersebut bisa tetap produktif dan kehidupan ekonominya berjalan. Tentu saja harus tetap menerapkan standar protokol kesehatan Covid-19.

Pemerintah menduga pandemi Covid-19 akan terus berlangsung untuk beberapa waktu ke depan sampai ditemukan vaksin. Selama vaksi belum ditemukan, kehidupan masyarakat harus tetap menerapkan standar kesehatan.

ā€œKita yakinkan produktivitas kita kembalikan, namun tidak kemudian menimbulkan lonjakan kasus baru Covid-19. Masalah ini sangat kompleks yang akan melibatkan banyak hal dan menghabiskan banyak sumber daya. Tidak ada ruang untuk kita menjadi ketakutan, tapi tidak ada ruang untuk gegabah menghadapinya,ā€ pungkas Yuri.(jpg)

Update