Rabu, 24 April 2024

Thailand Perpanjang Masa Darurat Pandemi Covid-19 hingga Akhir Juni

Berita Terkait

batampos.co.id – Thailand akan memperpanjang masa darurat terkait wabah Covid-19 hingga akhir Juni 2020. Hal tersebut disampaikan oleh gugus tugas Covid-19 dalam upaya untuk terus menekan angka penularan wabah. Kasus pertambahan di Thailand sendiri mulai menurun.

Dilansir dari Reuters, Rabu (27/5), pusat perbelanjaan dan department store dibuka kembali akhir pekan lalu setelah hampir dua bulan ditutup karena jumlah kasus melambat. Tetapi bar, kelab malam, bioskop, taman bermain dan olahraga luar ruang tetap dilarang beroperasi sampai pemberitahuan lebih lanjut.

Centre for Covid-19 Situation Administration (CCSA) milik pemerintah Thailand mengajukan usulan perpanjangan sebagai tanggapan terhadap perkembangan pandemi global. Hal itu sekaligus untuk menyediakan waktu mempersiapkan pelonggaran lebih lanjut pada awal bulan depan.

“Alasan untuk memperpanjang masa darurat untuk satu bulan lagi adalah untuk keamanan, kesehatan, dan memungkinkan operasi terpadu dan terus menerus oleh para pejabat dalam situasi pandemi yang belum terselesaikan ini,” ucap juru bicara CCSA Taweesin Wisanuyothin.

Keputusan perpanjangan masa darurat Covid-19 di Thailand juga telah disetujui kabinet. Pemerintah telah memperpanjang larangan penerbangan penumpang internasional, yang telah berlaku sejak April, hingga akhir Juni mendatang.

Sekolah tetap ditutup dan dijadwalkan dibuka kembali pada Juli. Thailand sendiri telah mencatat infeksi harian dalam satu digit untuk sebagian besar bulan lalu dan pada Jumat pekan lalu melaporkan tidak ada lagi infeksi baru Coronavirus atau kematian. Total kasus yang dikonfirmasi adalah 3.037 orang, 56 di antaranya meninggal, dan sebanyak 2.910 dinyatakan sembuh.(jpg)

Update