Rabu, 24 April 2024

Hari Lanjut Usia Nasional, Isdianto Ajak Semua Pihak Ciptakan Lansia Produktif dan Sejahtera

Berita Terkait

batampos.co.id – Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Isdianto, mengajak semua pihak untuk memperhatikan warga yang sudah bersatatus lanjut usia (Lansia).

Isdianto menyampaikan, momentum peringatan Hari Lanjut Usia yang diperingati setiap tanggal 29 Mei, hendaknya dijadikan sebagai pendorong dan semangat bagi semua untuk lebih memperhatikan para Lansia di sekeliling kita khususnya di lingkungan keluarga sendiri.

“Semua orang Lansia adalah orang tua kita, sehingga sudah seharusnya kita menaruh perhatian dan kepedulian lebih terhadap para Lansia, apalagi saat ini kita berada di tengah pandemi Covid 19 atau Corona. Tentu kesehatan mereka harus kita perhatikan,” kata Isdianto, Jum’at (29/5/2020).

Selain itu, pria yang bakal maju sebagai calon Gubernur Kepri di Pilkada 2020 ini juga mengajak semua masyarakat khususnya generasi muda untuk meningkatkan kesadaran diri, berpartisipasti dan peduli kepada para Lansia.

Ia pun mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada para instansi atau lembaga terkait yang telah melakukan berbagai upaya konkret bagi para lansia dengan sejumlah program dan kegiatan, baik dibidang kesehatan maupun dibidang ekonomi.

“Semua dalam rangka meningkatkan kesejahteraan dan kelayakan hidup para lansia. Ke depan saya berharap berbagai program yang pro dengan pemberdayaan kesehataan lansia dapat terus dioptimalkan dan ditingkatkan kualitasnya,” ujar Isdianto.

Lebih jauh, pihakbya juga menegaskan bahwa para lansia di Kepri harus bisa produktif dan sejahtera.

Karena menurut Isdianto, dalam Undang-Undang Nomor 13 Tahun 1998 tentang Kesejahteraan Lanjut Usia, sudah mengamanatkan Pemerintah untuk mengupayakan kesejahteraan para Lansia.

Oleh sebab itu, pihaknya bakal mendorong dan mengoptimalkan program kewirausahaan dan kegiatan kreatif lainnya yang mampu meningkatkan ekonomi lansia.

Sehingga lansia dapat hidup mandiri secara ekonomi sehingga dapat semakin meningkatkan kesejahteraan.

“Kami mengingatkan kepada seluruh masyarakat, khususnya pemerintah daerah dan dinas terkait untuk hadir dan bersinergi untuk memperhatikan dan memberdayakan kaum lansia. Termasuk bantuan untuk fasilitas hidupnya, karena masih banyak lansia yang hidupnya belum layak, ini tugas kita bersama,” katanya.

Apalagi saat ini di tengah pandemi Corona, yang paling mendasar adalah bagaimana para Lansia bisa menerapkan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Karena menurutnya, penerapan PHBS menjadi poin penting terhadap para Lansia guna menjaga kesehatan tubuhnya.

“Karena menurut informasi kesehatan, bahwa Lansia menjadi kelompok yang paling rentan karena penurunan sistem imunitas tubuh sehingga lebih berisiko menderita kefatalan akibat covid 19. Karena itu mari kita perhatikan bersama,” pungkasnya.(*)

Update