Rabu, 24 April 2024

Ini Gagasan Besar Jokowi di Balik Kartu Prakerja

Berita Terkait

batampos.co.id – Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai Golkar Sebastian Salang mengatakan, ada gagasan besar Jokowi di balik program Kartu Prakerja. Salah satunya adalah, mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul di tengah Persaingan global.

“Gagasan ini yang ada di balik program Kartu Prakerja dari Pak Jokowi. Mimpi membangun SDM yang maju, harus dilakukan secara kreatif dengan melibatkan teknologi agar semua warga negara bisa mengaksesnya,” kata Sebastian Salang dalam keterangan tertulisnya, Kamis (28/5).

Menurut Sebastian, kartu Prakerja adalah bukti bahwa negara hadir dan telah menyediakan peluang bagi setiap warga negera untuk memiliki atau meningkatkan ketrampilan atau keahlian sebagai bekal untuk bekerja, berusaha, dan bersaing di dunia internasional.

Semua jenis pelatihan untuk membekali keterampilan diri, mulai dari tingkat pemula hingga untuk peningkatan skill (upskilling) coba disediakan melalui Kartu Prakerja.

“Saya lihat cukup lengkap dan tersedia secara digital, siapapun bisa mengikuti pelatihan kapan dan di mana saja. Ini sangat bermanfaat terutama selama masa pandemi Covid-19 ini,” kata Sebastian.

Bahakan, kata Sebastian, dengan mengintegrasikan teknologi dalam pelaksanaan programnya, masyarakat diberikan pilihan yang efektif untuk bisa mengakses program ini dari mana saja.

“Ini juga bisa memotong rantai birokrasi yang sering kali menghambat, bertele tele, serta menutup peluang terjadinya suap menyuap dalam mengurus dokumen,” kata Sebastian.

Sementera itu, terkait pro dan kontra yang muncul di ruang publik terkait Kartu Prakerja, ia menilai hal tersebut adalah hal yang wajar saja terjadi. Karena publik boleh menilai proses perencanaan, pelaksanaan, suatu kebijakan pemerintah.

“Evaluasi kebijakan merupakan hal yang lumrah. Ini justru merupakan alat kontrol kebijakan,” imbuhnya.(jpg)

Update