Sabtu, 20 April 2024

#NewNormal, RSBP Batam Lakukan Ini

Berita Terkait

batampos.co.id – Rumah Sakit Badan Pengusahaan (RSBP) Batam melakukan berbagai persiapan menjelang penerapan New Normal yang akan dilakukan pada 15 Juni 2020 mendatang.

Direktur RSBP Batam, Sigit Riyarto, pihaknya sudah merencanakan langkah-langkah yang dilakukan pihaknya pasca Covid-19 atau yang kerap disebut New Normal.

“Kita sudah punya rencana untuk tes kesehatan dan ada chek up mobile,” ujarnya, Jumat (29/5/2020).

Selain itu kata dia, tim medis siap menjalani New Normal dengan catatan semua pihak mematuhi imbauan pemerintah terkait protokol kesehatan.

Selain itu kata dia, RSBP Batam juga membedakan gedung perawatan pasien Covid-19 dengan gedung rumah sakit sudah dipisahkan.

“Sehingga tidak mungkin ada pasien Covid yang berkeliaran di rumah sakit. Jangan khawatir untuk berobat ke rumah sakit,” tuturnya.

Pihaknya juga tidak ingin Covid-19 menjadi momok yang menakutkan bagi masyarakat. Sehingga takut untuk berobat ke rumah sakit.

Gedung RSBP Batam tampak dari atas. Foto: Dokumentasi BP Batam untuk batampos.co.id

Ia melanjutkan, pihaknya memiliki protokol kesehatan dan hingga saat ini seluruh petugas kesehatan serta pegawai di RSBP Batam tidak ada yang terpapar Covid-19.

“Kita sudah swab semua. Jadi yakinlah bahwa petugas kesehatan kita (RSBP Batam, red) menggunakan APD dan protokolnya juga sudah benar sehingga sampai saat ini tidak ada yang terkena,” tuturnya.

Ke depan RSBP Batam lanjutnya juga akan melakukan pola rawat jalan ditengah kota. Sehingga sangat jauh dari rumah sakit.

Ia menjelaskan, ada kekhawatiran New Normal akan mengakibatkan gelombang kedua penyebaran Covid-19.

Namun lanjutnya, hal itu bisa dihindari dengan catatan masyarakat mematuhi protokol kesehatan dan aparat keamanan menindak tegas orang-orang yang tidak menjalani protokol kesehatan selaam New Normal.

“Kami tidak ada kekhawatiran adanya lonjakan (pasien Covid-19,red) jika semua pihak mendukung protokol kesehatan ini,” tuturnya.

Menurutnya tim medis siap menjalankan New Normal namun harus sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan pemerintah.

“Jika tidak sesuai prosedur kami pasti tidak siap dan karena akan chaos. Karena itu kami berharap saat New Normal semua mentaati imbauan pemerintah dan ikuti protokol kesehatan,” tuturnya.

ia juga menegaskan, kesiapan rumah sakit pada New Normal sangat tergantung dari kesiapan masyarakat untuk menjalankan imbauan pemerintah terkait protokol kesehatan.(esa)

Update