Selasa, 23 April 2024

Pasien Covid-19 Terbaru Didominasi OTG, Pemko Batam Lakukan Ini

Berita Terkait

batampos.co.id – Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batam, Amsakar Achmad, mengatakan, beberapa pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Batam sebagian di antaranya tidak mengalami gejala apapun. Atau merupakan kategori orang tanpa gejala (OTG).

Karena itu kata dia, Pemko Batam saat ini gencar terus melakukan penyisiran di lapangan.

Petugas medis memeriksa suhu badan salah seorag pedagang di Pasar Botania 2 Kota Batam. Foto: Media Center untuk batampos.co.id

Tujuannya agar para OTG yang terkonfirmasi positif Covid-19 bisa segera diketahui, sehingga dengan cepat bisa dilakukan tindakan upaya pencegahan lainnya.

“Penambahan kasus hari ini (Kamis, 28/5/2020) dan beberapa yang sembuh merupakan OTG. Karena semakin banyaknya OTG, sehingga perlu dilakukan penyisiran karena mereka tidak bergejala dan hanya diketahui bila dilakukan tes,” kata Wakil Wali Kota Batam tersebut.

Direktur RSBP Batam, Dokter Sigit Riyarto, mengatakan, beberapa waktu terakhir pasien Covid-19 yang diterima di rumah sakit tersebut adalah pasien yang sehat.

“Rata-rata OTG. Kenapa karena mereka tertular dari orang yang pernah positif, jadi tanpa gejala,” jelasnya.

Karena itu kata dia, pasien OTG saat masuk ke rumah sakit tidak mengeluhkan apa pun dan sehat.

Namun Covid-19 lanjutnya akan sangat berbahaya apabila tertular kepada orang yang telah memiliki penyakit bawaan.

Tidak hanya di RSBP Batam, kata dia, pasien yang masuk ke RSUD Embung Fatimah dan RSKI Galang juga mayoritas OTG.(*/esa)

Update