Kamis, 28 Maret 2024

Pilkada Serentak 9 Desember Tetap Berjalan dengan Protokol Kesehatan

Berita Terkait

batampos.co.id – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menyebut, Pilkada Serentak 2020 pada 9 Desember 2020 tetap akan berjalan. Pilkada serentak merupakan skenario optimisme Pemerintah untuk menjalankan pesta demokrasi di 270 daerah dengan berpegang pada protokol kesehatan.

“Nah ini sehingga kita skenario optimis jalan, tapi protokol kesehatannya jangan lupa, dibuat sedemikian rupa,” Tito kepada wartawan, Jumat (29/5).

Protokol kesehatan juga tetap dilakukan pada tahapan-tahap kritis seperti pelantikan PPS, pemutakhiran data pemilih door to door, kemudian nanti pada saat kampanye di bulan September, Oktober hingga November. “Kemudian pemungutan suara itu protokolnya betul-betul bisa diterapkan,” sambungnya.

Protokol kesehatan ini dilakukan mengingat tidak adanya kepastian kapan pandemi Covid-19 akan berakhir. Sehingga pelaksanaan Pilkada serentak tetap bisa berjalan dengan aman dan nyaman tanpa ditunda.

“Kalau masalah Pilkada kita sudah tahu pertama kalau ditunda Tahun 2021, apakah di tahun 2021 ada yang bisa menjamin Covid ini akan selesai? Tidak, belum ada yang bisa menjamin satupun, bisa menjadi up and down,” katanya.

Diakui Tito, jika merujuk pada negara-negara di dunia, memang ada beberapa yang menjadwalkan ulang atau menunda pemilihan. Tapi ada juga negara yang tetap jala seperti Korea dan Prancis.

“Yang kedua beberapa negara lain di 47 negara setidaknya mereka ada yang men-schedule, jalan terus seperti Korea, Prancis. Ada juga yang ditunda tapi tundanya tunda bulan, kita menunda bulan juga, September menjadi Desember. Kalau kita melakukan Desember kita adalah negara terakhir yang menyelenggarakan Pilkada yaitu di bulan Desember,” jelasnya.

Disadarinya, kualitas demokrasi di Indonesia akan tercermin dari tingkat partisipasi masyarakat dalam Pemilu maupun Pilkada. Oleh karena itu, negara perlu menjamin tersalurkannya partisipasi masyarakat termasuk dalam keadaan pandemi, tanpa mengabaikan aspek keselamatan masyarakat dengan penerapan protokol kesehatan.

Untuk menjamin hal tersebut, dibutuhkan peran dan dukungan Pemerintah Daerah serta masyarakat agar pelaksanaan Pilkada Serentak 9 Desember 2020 dapat berjalan lancar.(jpg)

Update