Sabtu, 20 April 2024

Penularan Covid-19 Melambat di Berbagai Daerah

Berita Terkait

batampos.co.id – Pemerintah mengakui ada sejumlah provinsi yang siap melakukan situasi normal yang baru atau New Normal. Tapi di sisi lain, ada juga provinsi lain dengan kasus fluktuatif yang masih cukup tinggi.

Juru Bicara Pemerintah Untuk Covid-19 Achmad Yurianto menjelaskan, cukup banyak provinsi yang sudah tak melaporkan kasus baru. Artinya tak ditemukan lagi kasus baru Covid-19 di delapan provinsi.

“Ada beberapa provinsi yang tak ditemukan lagi kasus positif. Seperti Aceh, Bangka Belitung, Jambi, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Sumatera Barat, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Barat. Tak dapatkan 1 pun kasus,” jelasnya dalam konferensi pers, Jumat (29/5).

Kemudian ada juga provinsi yang penyebaran kasusnya semakin melambat. Lima provinsi hanya melaporkan 1 sampai 3 kasus baru per hari.

“Hanya ditemukan 3 sampai 1 kasus baru di Riau, Gorontalo, Jogjakarta, Bengkulu dan Sulawesi Tenggara,” jelasnya.

Yurianto menambahkan ada juga sejumlah provinsi yang dalam 3 minggu terakhir mengalami kurva yang mendatar. Ada juga provinsi yang penularannya menurun 50 persen menurun dari angka puncak.

“Terus menerus kita cek dan evaluasi, sehingga bisa kita awali nantinya untuk tetap dilakukan produktivitas. Dan tetap jaga kebiasaan baru ini atau normal yang baru ini. Dengan tetap rajin cuci tangan dan gunakan masker setiap keluar rumah.

“Hindari kerumunan, lalu bergantian saat masuk lift. Atau saat berwudu juga bergantian jika jarak kerannya tak lebih dari 1 meter. Kalau tak penting, jangan keluar rumah,” tutupnya.(jpg)

Update