Jumat, 29 Maret 2024

10 Provinsi Nihil Kasus Covid-19, Termasuk Riau

Berita Terkait

batampos.co.id – Sepuluh provinsi di Indonesia tak lagi melaporkan pertambahan kasus baru harian pada Sabtu (30/5). Artinya tak ada kasus baru sama sekali atau nol kasus pasien Covid-19.

Sepuluh provinsi itu di antaranya Aceh, Jambi, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Riau, Maluku, dan Sulawesi Barat. Seluruhnya melaporkan nol kasus Covid-19.

“Ada 10 provinsi yang tak ditemukan kasus positif,” kata Juru Bicara Pemerintah Untuk Covid-19 Achmad Yurianto dalam konferensi pers, Sabtu (30/5).

Namun masih ada 5 provinsi dengan angka kasus yang masih tinggi. Salah satunya Jakarta dan Jawa Timur. “Ada 5 provinsi yang memiliki angka tertinggi. Jawa Timur dan DKI Jakarta. Memang DKI Jakarta lebih turun dibanding angka kemarin. Dan didominasi oleh mereka yang baru pulang dari luar negeri,” jelasnya.

Yurianto menyebutkan beberapa provinsi dengan angka pertambahan kasus di antaranya di DKI Jakarta total kasus yakni 7.229 kasus. Total kasus Jawa Timur sebanyak 4.613 kasus. Total kasus Sulawesi Selatan sebanyak 1.510 kasus. Total kasus Kalimantan Tengah sebanyak 398 kasus. Dan total kasus di Jawa Barat sebanyak 2.231 kasus. “Jawa Barat cenderung turun kasusnya walaupun secara total angkanya tinggi,” ungkapnya.

Yurianto kembali mengingatkan agar tetap mewaspadai penularan dengan tetap menjaga jarak. Selalu disiplin memakai masker dan rajin mencuci tangan dengan sabun.

“Adanya kasus positif sebagai buktu masih adanya penularan di tengah kita. Dan masih ada saudara-saudara kita yang rentan tertular,” ujarnya.(jpg)

Update