batampos.co.id – Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19, Doni Monardo ‎mengatakan, pihaknya membagi empat kategori zona penyebaran virus Korona di dalam negeri.

Empat zona itu terdiri dari tingkat risiko di setiap daerah penyebaran virus Korona. Pembagian itu diharapkan bisa menjadi panduan masyarakat.

“Kita mengambil keputusan tersebut dengan melibatkan pakar dan berpedoman terhadap standar internasional dari analisis dan pemetaan ‎yang dilakukan oleh pakar,” ujar Doni dalam konfrensi pers di Kantor BNPB, Jakarta, Sabtu (30/5)

Doni juga mengatakan, zona tersebut adalah, zona hijau, kuning, orange dan merah. Zona hijau adalah kabupaten dan kota yang belum terdampak. Kemudian ‎zona kuning adalah kabupaten dan kota yang tingkat penularan Covid-19 rendah.

Selanjutnya adalah zona orange adalah kabupaten dan kota dengan tingkat penularan Covid-19 sedang. Terakhir adalah zona merah adalah kabupaten kota tersebut tingkat risiko Covid-19 tinggi.

“Pemerintah melakukan kategorisasi sesuai tingkat risko di setiap daerah berdasarkan warna zona,” ‎katanya.

Doni yang merupakan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) itu juga menambahkan, pihaknya terus berupaya kabupaten dan kota yang masuh kategori zona merah untuk bisa ditangani. Sehingga nantinya bisa menjadi zona hijau.

“Kita terus berupaya agar zona merah menjadi zona orange, dan orang kita kontrol untuk bisa menjadi zona kuning. Kemudian zona hijau kita pertahankan supaya tidak menjadi zona kuning atau orange,” ungkapnya.‎(jpg)