Sabtu, 20 April 2024

Pemerintah Restui 102 Kota/Kabupaten Jalankan New Normal, 3 di Kepri

Berita Terkait

batampos.co.id – Pemerintah merestui 102 kabupaten/kota di seluruh Indonesia untuk kembali menjalankan aktivitas dan kegiatan masyarakat yang produktif. Hal itu sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo kepada Ketua Gugus Tugas Doni Monardo pada 29 Mei 2020.

’’Kemarin, tanggal 29 Mei 2020, Bapak Presiden Jokowi memerintah ketua gugus tugas untuk memberikan kewenangan kepada 102 pemerintah kabupaten/kota yang saat ini berada dalam zona hijau untuk melaksanakan kegiatan masyarakat produktif dan aman Covid-19,” jelas Doni dikutip dari Jawapos.com, Senin (1/6).

Ke-102 wilayah tersebut adalah Provinsi Aceh yang meliputi 14 kabupaten/kota, Sumatera Utara (15), Kepulauan Riau (3), Riau (2), Jambi (1), Bengkulu (1), Sumatera Selatan (4), Bangka Belitung (1), dan Lampung (2). Kemudian Jawa Tengah (1), Kalimantan Timur (1), Kalimantan Tengah (1), Sulawesi Utara (2), Gorontalo (1), Sulawesi Tengah (3), Sulawesi Barat (1), Sulawesi Selatan (1), dan Sulawesi Tenggara (5). Berikutnya, Nusa Tenggara Timur (14), Maluku Utara (2), Maluku (5), Papua (17), dan Papua Barat (5).

Wilayah-wilayah tersebut sudah berada dalam kategori zona hijau dengan tingkat persebaran dan kasus positif yang sangat rendah. Daerah-daerah itu juga diperbolehkan untuk membuka aktivitas dan pusat-pusat kegiatan publik seperti rumah ibadah, pasar dan pertokoan, transportasi umum, hotel, penginapan, restoran, perkantoran, serta bidang-bidang lain yang dianggap penting.

”Tentang kapan dan sektor mana saja yang akan dibuka kembali, ditentukan oleh para pejabat bupati dan wali kota di daerah.”

Selain itu, Doni meminta setiap daerah memperhatikan ketentuan tentang testing yang masif, tracing yang agresif, isolasi yang ketat, serta treatment yang dapat menyembuhkan pasien Covid-19. Apabila dalam perkembangannya ditemukan kenaikan kasus, tim gugus tugas tingkat kabupaten/kota bisa memutuskan untuk melakukan pengetatan atau penutupan kembali.

Di Kepri sendiri ada tiga kabupaten yang masuk zona hijau yakni:

Natuna
Lingga
Kepulauan Anambas

(jpg)

Update