batampos.co.id – Pemerintah menyelenggarakan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni 2020 ini. Tema peringatan kali ini adalah ‎”Pancasila Dalam Tindakan Menuju Indonesia Maju‎”.

Upacara peringataan ini dilakukan secara virtual bersama dengan menteri – menteri Kabinet Indonesia Maju dan bersama dengan pimpinan lembaga negara.

Dalam pidatonya Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, ‎peringatan hari kelahiran Pancasila tahun ini dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19 yang menguji daya juang sebagai bangsa Indonesia.

“Menguji pengorbanan kita, menguji kedisplinan kita, menguji kepatuhan kita, menguji ketenangan dalam mengambil langkah kebijakan yang cepat dan tepat,” ujar Jokowi dalam upacara tersebut, Bogor, Senin(1/6).

Jokowi juga mengatakan, dalam menghadapi semua ujian tersebut, semua pihak perlu bersyukur bahwa Pancasila tetap menjadi bintang penjuru untuk menggerakkan seluruh komponen. Menggerakkan persatuan dalam mengatasi semua tantangan.

“Juga menggerakkan rasa kepedulian kita untuk saling berbagi, memperkokoh persaudaraan dan kegotongroyongan kita untuk meringankan beban seluruh anak negeri, dan menumbuhkan daya juang kita dalam menghadapi segala kesulitan yang kita hadapi,” katanya.

Lebih lanjut, Jokowi juga meminta nilai-nilai luhur Pancasila harus dihadirkan secara nyata dalam kehidupan. Sehingga Pancasila terus hidup di tengah-tengah masyarakat.

Sehingga bagi Jokowi, masyarakat perlu mengamalkan semua yang terkandung dalam lima sila di dalam Pancasila tersebut. Nilai tersebut harus menjadi semangat bagi rakyat Indonesia. Karena Pancasila harus terus menjadi nilai yang hidup dan bekerja dalam kehidupan.

“Nilai yang hidup dalam kebijakan dan keputusan pemerintah. Nilai yang terus hidup bergelora dalam semangat rakyat Indonesia,” ungkapnya,” ungkapnya.(jpg)