batampos.co.id – Warga yang menetap di dua perumahan yaitu Marina Gren dan Sumberindo, Batuaji. ribut mengenai akses jalan keluar perumahan, Minggu (31/5/2020).

Keributan dipicu karena akses jalan keluar Perumahan Sumberindo ditutup warga perumahan Marina Green menggunakan besi yang hanya bisa lewati pejalan kaki.

Sebelumnya askes jalan tersebut bisa dilalui motor dan mobil. Keributan semakin menjadi saat warga Perumahan Sumberindo menutup saluran pembuangan air perumahan Marina Green yang melewati parit perumahan Sumberindo.

Ketua RT 07 Perumahan Sumberindo, Mustari Abdul Hamid, mengatakan, pembuangan air perumahan Marina Green mereka tutup karena mengakibatkan pembuangan air perumahan Marina Garden longsor.

Menurutnya, Perumahan Marina Garden dan Sumberindo berada dalam satu RW.

Ketua RT 08 RW 12 Muhammad Sakri Afandi Siregar, menambahkan, kejadian ini sudah berulang-ulang dan ini merupakan kejadian yang ketiga kalinnya.

Kapolsek Batuaji, Kompol Syarifudin Dalimunthe (pakai baju dinas) bersama warga perumahan Sumberindo dan Marina Green membongkar besi cor dan mengangkat batu bata yang menutupi parit. Foto: Dalil Harahap/batampos.co.id

“Sebelumnya sudah ada perjanjian dari pengurus RT dan RW pendahulu kami warga perumahan Sumberindo boleh lewat jalan ini dan dipersilahkan membangun jembatan buat akses. Kenapa tiba-tiba saja ditutup dengan permanen tanpa ada pemberitahuan dengan surat,” katanya.

Masih kata Sakri, akses jalan itu ditutup sementara dengan alasan untuk pencegahan pemutusan mata rantai virus corona (covid-19).

“Nah kenapa tiba tiba dipasang besi dan dicor permanen. Jelas kami tak terima makanya kami tutup juga pembuangan air mereka supaya tak longsor perumahan kami,” ujarnya.

Kapolsek Batuaji, Kompol Syafruddin Dalimunthe, yang mengetahui kejadian tersebut langsung turun ke lokasi dan meminta kedua warga perumahan tersebut untuk berunding.

Perundingan dipimpin Kapolsek Batuaji dan perwakilan Kelurahan Tanjunguncang di Fasum perumahan Sumberindo dengan beberapa perwakilan warga dari perumahan Sumberindo dan Marina Green.

Kapolsek meminta agar besi yang dicor di jembatan dicabut dan memindahkan batu yang menutupi saluran air perumahan Marina Green.

Kapolsek Batuajipun ikut mencabut besi yang dipasang di jalan dan mengangkat batu bata yang menutupi saluran air.

“Janganlah kita ribut-ribut, kita ini bersaudara dan bertetangga perumahan. Apalagi kita ini masih kena musibah corona dan serba susah sekarang. Ayoklah kita berbuat baik saja,” katanya kepada warga.

Ketua RT 07 Perumahan Marina Green, Doni, bersama warganya juga mendukung keputusan yang diambil Kapolsek Batuaji, agar tidak terjadi keributan lagi.(ali)