batampos.co.id – Pada Senin (1/6/2020), Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Batam merilis adanya penambahan jumlah masyarakat yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Jumlahnya 12 orang. Dari jumlah tersebut, 5 di antaranya adalah warga Kecamatan Nongsa.

Berikut riwayat perjalanannya:

1. T

Berjenis kelamin laki-laki berusia 68 tahun. T merupakan warga Pulau Kubung
Kelurahan Ngenang, Nongsa, Kota Batam dan menjadi kasus baru Covid-19
Nomor 129 di Kota Batam.

T merupakan ayah kandung dari Terkonfirmasi Positif Nomor 102. Sehubungan dengan pengembangan Penyelidikan Epidemiologi (PE) lebih lanjut terhadap “Cluster HOG Eden Park 49 dan 82” maka yang bersangkutan yang pada awalnya mengalami demam dan batuk saat menjalankan masa karantina/isolasi terpusat di Rusun Tanjunguncang.

Kemudian dirujuk ke RS Elisabeth Batam Kota pada 29 Mei 2020 guna penanganan kesehatan. Selanjutnya dilakukan pemeriksaan yang intensif diikuti dengan pemeriksaan RDT dengan hasil “Reaktif”.

Dilakukan juga pemeriksaan laboratorium serta foto rontgen yang hasilnya ditetapkan sebagai PDP dan diharuskan menjalani rawat inap.

Bersamaan dengan pemeriksaanya tersebut dilakukan juga pengambilan swab tenggorokan yang hasilnya diketahui pada hari ini dengan terkonfirmasi “Positif”.

Sejauh ini kondisi yang bersangkutan dalam keadaan cukup stabil dan saat ini masih dalam perawatan diruang isolasi guna penanganan kesehatannya di Rumah Sakit Elisabeth Batam Kota Kota Batam.

2. MT

Berjenis kelamin perempuan berusia 61 tahun. MT merupakan warga Pulau Kubung Kelurahan Ngenang, Nongsa. MT merupakan kasus baru Covid-19 Nomor. 130 Kota Batam.

MT merupakan ibu kandung dari Terkonfirmasi Positif Nomor 102. Sehubungan dengan pengembangan Penyelidikan Epidemiologi (PE) lebih lanjut terhadap “Cluster HOG Eden Park 49 dan 82”, maka yang bersangkutan bersama suaminya yang pada awalnya mengalami demam dan batuk saat menjalankan masa karantina/isolasi terpusat di Rusun Tanjunguncang.

Kemudian dirujuk ke RS Elisabeth Batam Kota pada 29 Mei 2020 guna penanganan kesehatan.

Selanjutnya dilakukan pemeriksaan yang intensif diikuti dengan pemeriksaan RDT dengan hasil “Reaktif”. Dilaukan juga pemeriksaan laboratorium serta foto rontgen yang hasilnya ditetapkan sebagai PDP dan diharuskan menjalani rawat inap.

Bersamaan dengan pemeriksaanya tersebut dilakukan juga pengambilan swab tenggorokan yang hasilnya diketahui terkonfirmasi “Positif”.

3. ZealSJ

Berjenis kelamin perempuan berusia 44 tahun danmenetap di kawasan perumahan Kavling Senjulung, Kabil, Kecamatan Nongsa.

ZealSJ merupakan kasus baru Covid-19 Nomor 134 Kota Batam. Yang bersangkutan merupakan kakak kandung dari terkonfirmasi positif Nomor 124.

Sehubungan dengan pengembangan Penyelidikan Epidemiologi (PE) lebih lanjut terhadap “Cluster HOG Eden Park 49 dan 82, pada 28 Mei 2020 kepada yang bersangkutan dilakukan pemeriksaan RDT dengan hasil “Reaktif”, dan kemudian pada 29 Mei 2020 dilakukan pengambilan swab tenggorokan yang hasilnya diketahui terkonfirmasi “Positif”.

Sejauh ini kondisi yang bersangkutan dalam keadaan stabil dan tidak merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti, serta saat ini dalam proses persiapan perawatan
isolasi/karantina guna penanganan kesehatannya di Rumah Sakit Elisabath Lubukbaja Kota Batam.

4. DP

Berjenis kelamin perempuan berusia 21 tahun dan menetap di perumahan Kavling Senjulung, Kabil, Kecamatan Nongsa Kota Batam.

DP merupakan kasus baru Covid-19 Nomor. 135 Kota Batam. Yang bersangkutan merupakan keluarga dari pasangan terkonfirmasi positif Nomor 123 dan 124.

Sehubungan dengan pengembangan Penyelidikan Epidemiologi (PE) lebih lanjut terhadap “Cluster HOG Eden Park 49 dan 82, Pada 28 Mei 2020 yang bersangkutan dilakukan pemeriksaan RDT dengan hasil “Non Reaktif”.

Kemudian 29 Mei 2020 dilakukan pengambilan swab tenggorokan yang hasilnya terkonfirmasi “Positif”.

5. PN

Berjenis kelamin perempuan berusia 13 tahun, dan beralamat di kawasan
perumahan Kavling Senjulung, Kabil Kecamatan Nongsa.

PN merupakan kasus baru Covid-19 Nomor. 140 Kota Batam. Yang bersangkutan merupakan anak kandung dari terkonfirmasi positif Nomor 134.

Sehubungan dengan pengembangan Penyelidikan Epidemiologi (PE) lebih lanjut terhadap “Cluster HOG Eden Park 49 dan 82, maka pada 28 Mei 2020 dilakukan pemeriksaan RDT kepada yang bersangkutan dengan hasil “Non Reaktif”.

Kemudian pada 29 Mei 2020 dilakukan pengambilan swab tenggorokan yang hasilnya diketahui pada hari ini dengan terkonfirmasi “Positif”.(esa)