Sabtu, 20 April 2024

Hanya 51,39 Juta Orang Ikuti Sensus Penduduk Online

Berita Terkait

batampos.co.id – Sensus Penduduk Online telah resmi ditutup pada 29 Mei. Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kecuk Suhariyanto mengungkapkan bahwa jumlah penduduk yang telah menginput data ada sebanyak 51,39 juta jiwa.

Indonesia sendiri memiliki total penduduk 270 juta jiwa. Artinya, baru 19,05 persen penduduk yang berpartisipasi dalam Sensus Penduduk Online.

“Saya berterima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat yang sudah berpartisipasi dalam sensus penduduk online, dan jumlahnya mencapai 51,39 juta orang,” kata Kecuk dalam telekonferensi pers, Selasa (2/6).

Adapun, dari data tersebut, pihaknya akan mengolah data-data hasil input, di mana nantinya akan dibuat daftar penduduk per RT atau satuan lingkungan setempat. Nantinya, berdasarkan data yang telah dihimpun tersebut akan teridentifikasi siapa saja penduduk yang sudah mengisi data online dan siapa yang belum.

“Kalau Covid-19 sudah berakhir September nanti petugas sensus akan didampingi Ketua RT, akan keliling untuk membagikan kuesioner offline, jadi nggak ada wawancara dan akan diambil lagi oleh petugas sensus,” ungkapnya.

Untuk pendataan secara manual, pihaknya akan merekrut 247 ribu orang petugas sensus. Petugas sensus juga akan melibatkan pengurus RT dalam mendata para warganya.(jpg)

Update