batampos.co.id – Saat ini ada 416 dari 514 kabupaten kota di Indonesia terdampak Covid-19. Artinya daerah yang tidak terdampak, masih merupakan zona hijau. Daerah-daerah tersebut sudah bisa mulai menerapkan kehidupan tatanan yang baru atau New Normal.

“Mari kita laksanakan ini dan saling mengingatkan. Ada beberapa kabupaten kota yang tak terdampak Covid-19. Daerah-daerah ini bisa memulai tata kehidupan yang baru. Bagaimana kehidupan di pasar dan di sekolah. Di sekolah ada stratanya. Bagaimana protokol di perguruan tinggi, SMP, dan SD dan lainnya,” kata Juru Bicara Pemerintah Untuk Covid-19 Achmad Yurianto dalam konferensi pers, Senin (1/6).

Lantas bagaimana syarat daerah terdampak Covid-19 untuk menerapkan new normal? Yurianto juga menjelaskan syarat bagaimana new normal bisa diterapkan pada suatu daerah.

Seperti melihat aspek epidemiologi menjadi penting. Misalnya tak ada kasus berturut-turut dalam tiga minggu terakhir.

“Kalau masih ada, maka positif ratenya mestinya menurun lebih dari 5 persen. Maka pertimbangan-pertimbangan ini yang kita sampaikan kepada kepala pemerintahan setempat. Maka kabupaten/kota yang memutuskan kapan untuk mengaplikasikan new normal,” tandasnya.

Lantas, masyarakat daerah yang sudah siap jalani new normal harus memenuhi beberapa aturan. Dalam kehidupan new normal, ungkap Yurianto, harus tetap menjaga jarak fisik dalam komunikasi sosial. Sebab penularan droplet tersebar dari orang yang sakit dalam jarak dekat.

“Maka ubahlah kebiasaan kita. Gunakan masker. Dengan masker, maka droplet akan tertahan di maskernya. Untuk orang yang sehat juga akan terlindung dari sebaran. Dua-duanya harus melakukan ini,” kata Yurianto.

Kedua adalah cuci tangan. Menurutnya, anatomi virus Korona memiliki lapisan dinding yang lemah dan terbuat dari struktur lemak yang mudah hancur jika terkena deterjen. Selain itu, keluarga adalah basis untuk menjalankan kehidupan sesuai new normal.

“Maka harus mulai berpikir apakah keluar rumah jadi sesuatu yang penting. Kalau tak penting, maka tahan diri. Kalau penting, gunakan masker. Harus hindari kerumunan. Apabila sudah tertanam, ini harus jadi pedoman mulai membiasakan mengikuti aturan-aturan yang baru,” katanya.(jpg)