Sabtu, 20 April 2024

Baca, Ternyata Ini Manfaat IPAL untuk Warga Batam

Berita Terkait

batampos.co.id – Pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) tahap pertama di wilayah Batam Center akan selesai dilakukan pada Desember 2020.

Manajer Pengelolaan Lingkungan Badan Pengusahaan (BP) Batam, Iyus Rusmana, mengatakan, ada banyak manfaat yang akan dirasakan masyarakat Kota Batam dari pembangunan IPAL selesai.

“Banyak sekali manfaatnya, salah satunya menjaga kualitas air baku dari pencemaran limbah domestik (limbah rumah tangga,red),” katanya, Rabu (3/6/2020).

IPAL lanjutnya juga dapat mencegah menjamurnya eceng gondok di waduk.

Infografis by aliibenk/batampos.co.id

“Eceng gondok sangat merugikan karena mendangkalkan sehingga menurunkan kapasitas waduk,” jelasnya.

Berikut beberapa manfaat IPAL bagi masyarakat Kota Batam:

1. Meningkatkan kesehatan masyarakat karena drainase bersih.

2. Tidak ada septik tank lagi.

3. Menghilangkan hewan-hewan di got atau parit yang selama ini masuk melalui pipa.          Seperti tikus dan kecoa.

4. Meningkatkan estetika lingkungan. Sehingga akan nengundang investasi dan                    pariwisata, lingkungan bersih, drainase bersih, perairan atau pantai juga bersih.

5. Menghasilkan pupuk yang siap pakai untuk menghijaukan Kota Batam baik di hutan          kota, taman kota dan taman-taman di perumahan

6. Air hasil olahan bisa dikembalikan ke waduk karena memiliki baku mutu lingkungan          yang baik atau bisa dipakai oleh industri.

7. Membantu pemerintah dalam menghadapi krisis air karena olahan IPAL cukup besar          yaitu mencapai 230 liter/detik

8. Dapat menurunkan biaya operasional pengolahan air bersih, sehingga tidak                      membebani masyarakat dalam tarif air bersih.

9. Menjaga kualitas air baku dari pencemaran limbah domestik.

10. IPAL juga dapat mencegah menjamurnya eceng gondok di waduk.(esa/adv)

Update