batampos.co.id – Badan Pengusahaan (BP) Batam membagikan 71 ribu masker gratis kepada masyarakat langsung yang beraktivitas di tempat-tempat keramaian.

Masker ini merupakan bantuan yang diberikan kepada BP Batam dari the Belt and Road Research Institute (Shenzhen) for International Cooperation and Development dan Shenzhen Fondation For International Exchange and Cooperation.

Pembagian masker ini merupakan instruksi dari Kepala BP Batam, Muhammad Rudi, dalam menghadapi fase pra new normal agar masyarakat Batam dapat mengikuti aturan pemerintah dan melakukan protokol kesehatan.

Mulai dari menggunakan masker dalam beraktivitas, cuci tangan dengan sabun, dan menerapkan social and physical distancing.

Adapun pembagian masker akan dilakukan di 9 Kecamatan di mainland Batam, yakni Kecamatan Batam Kota, Sekupang, Nongsa, Batu Aji, Batu Ampar, Sei Beduk, Lubuk Baja, Bengkong serta Kawasan Industri di Batam.

Untuk pembagian masker langsung ke masyarakat pada Selasa (2/6/2020), dilakukan dengan 2 tim di 2 wilayah, yaitu Kecamatan Batam Kota dan Kecamatan Sekupang.

Kepala Biro Promosi, Humas dan Protokol BP Batam, Dendi Gustinandar membagikan masker kepada anak-anak yang sedang bermain. BP Batam membagikan 71 ribu masker untuk masyarakat Kota Batam. Foto: Humas BP Batam untuk batampos.co.id

Saat pembagian masker dilakukan, dijumpai masih banyak masyarakat yang tidak menggunakan masker saat melakukan kegiatan sehari-hari, hal ini dikhawatirkan akan rentannya masyarakat terpapar covid-19.

Kepala Biro Humas Promosi dan Protokol BP Batam, Dendi Gustinandar, mengatakan, tujuan kegiatan ini adalah dalam rangka bersiap untuk menghadapi fase new normal tanggal 15 Juni mendatang.

“Kita juga turun langsung ke masyarakat untuk membagikan masker secara gratis sambal melakukan sosialisai kepada masyarakat,” kata Dendi.

Ia mengatakan, pembagian ini diutamakan kepada masyarakat yang tidak menggunakan masker, terutama pedagang, pembeli, petugas parkir dan lainnya.

Dendi menambahkan, pembagian masker akan dilakukan dalam satu minggu ini dan masker ini akan dibagikan ke seluruh kecamatan di Bota Batam.

“Pembagian masker gratis ini dimulai hari ini pada tanggal 2 Juni dan akan dilakukan dalam seminggu ke depan, dan rencananya masker akan kita bagikan ke seluruh kecamatan di Batam,” kata Dendi.

Pada hari ini ada dua tim yang membagikan masker yang melibatkan para pegawai BP Batam yang bertugas di beberapa unit kerja, antara lain Biro Umum, Bandara Hang Nadim, RSBP Batam, Biro Humas Promosi dan Protokol, Direktorat Pengamanan Aset dan BU Pelabuhan Laut.

Tim ini membagikan masker di beberapa lokasi keramaian di daerah Batam Kota seperti Pasar Mitra Raya, Pasar Botania 1 dan Botania 2, Pasar Mega Legenda dan Kampung Belian, serta beberapa rumah ibadah, seperti masjid-masjid.

Sedangkan Tim Dua membagikan masker di daerah Sekupang, yakni daerah Tiban Center, Sungai Harapan, Tanjung Riau, Cipta Puri, Tiban Kampung dan Pagar Mas, serta sejumlah masjid.

Dendi berharap, dengan dilakukan kegiatan ini dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya masker di tengah pandemi Covid-19 ini, dan selalu melakukan protokol kesehatan dalam beraktifitas.

“Semoga masyarakat semakin menyadari pentingnya masker saat ini, bahwa untuk berdamai dengan Covid-19 kita perlu melakukan protokol kesehatan salah satunya menggunakan masker, melakukan sosial distancing dan cuci tangan,” tutup Dendi.(*)