Sabtu, 20 April 2024

Jalani Kehidupan New Normal, Jangan Ada Cipika-cipiki

Berita Terkait

batampos.co.id – Pemerintah akan menerapkan kebijakan New Normal atau tatanan hidup baru di tengah pandemi Covid-19. Hal ini dimaksudkan agar masyarakat dapat kembali beraktivitas.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Suharso Monoarfa pun menuturkan bahwa masyarakat harus beradaptasi dengan new normal. Di mana segala aktivitas akan didampingi dengan protokol kesehatan.

“Jangan lupa kita menggunakan masker. Masker ini kita pakai ketika kita bertandang ke rumah dan ketika kita akan bekerja di luar dan tidak perlu lagi ada cipika cipiki, kita cukup dengan salam,” kata dia dalam telekonferensi pers BNPB, Selasa (2/6).

Standar dasar kebersihan, seperti mencuci tangan pun harus dilakukan dengan benar serta dibersihkan dengan baik. Pasalnya, telapak tangan merupakan bagian tubuh yang sering digunakan dalam melakukan suatu kegiatan.

Kedisiplinan juga menjadi penting, tanpa adanya hal tersebut, menjaga kebersihan diri sendiri dan lingkungan akan sulit untuk dilakukan. Maka dari itu, masyarakat harus membiasakan diri terlebih dahulu dalam menerapkan protokol kesehatan.

“Marilah kita sama-sama seperti saya misalnya hari ini saya harus mencuci tangan. Mari kita mencuci tangan, jangan lupa jangan bosan-bosan untuk mencuci tangan kita dengan sabun,” tambah dia.

Suharso kembali mengingatkan bahwa menjalani new normal bukanlah suatu yang rumit. Sebab, saat ini masyarakat pun tengah menjalankannya.

“Sekali lagi tidak ada hal yang rumit di dalam beradaptasi dengan kebiasaan kebiasaan baru, dalam kehidupan yang akan datang, itu hanya tinggal beberapa pekan, beberapa hari untuk daerah mungkin sudah ada yang mempraktekkannya,” tutupnya.(jpg)

Update