Kamis, 25 April 2024

Keberangkatan 627 Jemaah Calon Haji Asal Batam Ditunda, Ini Kata Kemenag Kota Batam

Berita Terkait

batampos.co.id – Keberangkatan 627 Jemaah Calon Haji (JCH) Kota Batam ditunda hingga tahun depan.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Batam, Zulkarnain Umar, mengatakan,
pemerintah melalui Kementerian Agama RI telah memutuskan untuk tidak memberangkatkan jemaah haji tahun 2020.

“Ini sudah final. Keputusan ini juga sudah dibahas bersama MUI (Majelis Ulama Indonesia) dan anggota dewan di pusat. Jadi mudah-mudahan bisa diterima,” katanya, Selasa (2/6/2020).

Menurutnya tahun ini ada 627 JCH asal Batam yang dijadwalkan berangkat ke tanah suci.

Seorang Jemaah Calon  Haji (JCH) kloter pertama asal Kepri mengabadikan pesawat Saudia yang akan membwa keberangkatan dirinya menunaikan ibadah haji beberapa waktu lalu. Tahun ini Kementerian Agama menunda keberangkatan para JCH hingga tahun depan. Foto: Cecep Mulyana/batampos.co.id

Namun karena telah ditetapkan tak ada pemberangkatan, maka keberangkatan jemaah asal Batam juga tertunda hingga tahun depan.

“Keputusan ini dinilai menjadi pilihan terbaik di tengah kondisi pandemi sekarang. Oleh karena itu kami harap dapat diterima, dan calon jemaah diharap bersabar,” pesannya.

Ia menjelaskan, guna mempermudah penyampaian informasi ke semua jemaah, pihaknya mengerahkan petugas Kantor Urusan Agama (KUA) yang tersebar di 12 kecamatan.

Petugas nanti akan menyampaikan informasi penundaan ini melalui grup haji yang ada.

“Di tiap kecamatan ada koordinatornya. Kalau mengumpulkan jemaah sebanyak itu di kondisi sekarang ini sepertinya tidak mungkin. Maka kami memanfaatkan grup per KUA,” terang Zulkarnain.(*/esa)

Update