batampos.co.id – Rencana diberlakukannya tatanan hidup baru atau new normal pasca pandemi Covid-19 nyatanya masih menimbulkan kekhawatiran tersendiri bagi masyarakat. Rencana pembukaan kembali pusat-pusat perbelanjaan tak sepenuhnya disambut gembira oleh warga.

Dilansir dari JawaPos.com yang melakukan survei kepada para pembaca terkait rencana new normal dalam aspek pembukaan kembali mal yang direncanakan dimulai pada 5 dan 8 Juni 2020.

Pertanyaan pertama yang diajukan melalui akun Twitter adalah ‘Saat mal dibuka, apakah kamu akan ke sana?’. Sebanyak 76 persen dari 86 responden menyatakan tetap di rumah. Sebanyak 21 persen menyatakan pikir-pikir lagi, dan 3 persen langsung ke mal.

Pertanyaan kedua ‘Apa yang ingin kamu lakukan di mal?’. Hasilnya, 35 persen dari 62 responden menjawab menonton bioskop, 27 persen belanja, 24 persen nongkrong dengan teman, dan 13 persen windown shopping.

Pertanyaan selanjutnya, ‘Apa yang membuat tidak ingin pergi ke mal?’. Dari pertanyaan ketiga, 40 persen dari 67 responden menjawab ingin pandemi segera berakhir, 31 persen berhemat ekonomi susah, 19 persen takut tertular, dan 9 persen malu dengan tenaga medis.

Sementara itu, dari survei yang dilakukan JawaPos.com kepada pembaca melalui akun Instagram pun mayoritas menjawab tidak akan langsung ke mal. Pada pertanyaan pertama, layaknya yang diajukan di Twitter, sebanyak 1.519 responden atau 90 persen menjawab tidak, tetap di rumah saja, hanya 177 responden atau 10 persen yang menjawab ya, langsung ke mal.

Pada pertanyaan kedua, 55 persen (595 responden) menjawab belanja, dan 45 persen (482 responden) bersosialisasi. Untuk respons pertanyaan ketiga, 58 persen (1.128 responden) menjawab berhemat, ekonomi susah, dan 42 persen (817 responden) menjawab takut tertular.

Pertanyaan terakhir, yakni ‘Kegiatan apa yang paling anda rindukan di mal?, jawaban responden beraneka ragam. Jawaban didominasi oleh mereka yang rindu nonton bioskop. Adapula jawaban lain seperti jalan-jalan, makan, kangen ademnya mal, cuci mata, nongkrong, kangen naik turun eskalator, belanja, dan bermain bersama anak.(jpg)