batampos.co.id – Badan Pengusahaan (BP) Batam kembali membagikan masker gratis kepada masyarakat yang beraktivitas di tempat-tempat keramaian di Kecamatan Batu Aji dan Sagulung, Rabu (3/6/2020).

Kepala Biro Humas, Promosi dan Protokol BP Batam Dendi Gustinandar, mengatakan, pembagian masker ini merupakan instruksi dari Kepala BP Batam, Muhammad Rudi, dalam menghadapi fase pra new normal.

Tujuannya kata dia, agar masyarakat Batam dapat membiasakan diri dengan pola hidup baru dan mengikuti aturan pemerintah dalam melakukan protokol kesehatan.

Mulai dari menggunakan masker dalam beraktivitas, mencuci tangan dengan sabun, dan menerapkan social dan physical distancing.

“Pembagian masker dilakukan di Kecamatan Batu Aji dan Sagulung dengan lokasi yang menjadi target pembagian masker ialah tempat-tempat keramaian yang banyak kerumunan masyarakat. Seperti pasar, kedai kopi, dan pusat perbelanjaan serta tempat ibadah,” ujarnya.

Ia menjelaskan, pembagian masker langsung ke masyarakat dilakukan 2 tim di 2 wilayah. Yaitu Kecamatan Batu Aji, meliputi kawasan Pasar Aviari dan Tanjung Uncang, Rumah Ibadah Masjid dan Gereja.

Salah seorang pegawai BP Batam memasangkan masker kepada masyarakat. Foto: BP Batam untuk batampos.co.id

“Untuk Kecamatan Sagulung meliputi Pasar Fanindo, SP Plaza, Pasar Sei Lekop dan tempat umum lainnya,” kata dia.

Ia menjelaskan, pembagian masker melibatkan para pegawai BP Batam yang bertugas di beberapa unit kerja.

Antara lain Biro Umum, Bandara Hang Nadim, RSBP Batam, Biro Humas Promosi dan Protokol, Direktorat Pengamanan Aset dan BU Pelabuhan Laut.

Menurutnya, pembagian ini diutamakan kepada masyarakat yang tidak menggunakan masker.

“Saat pembagian masker dilakukan sebagian masyarakat masih ada yang tidak menggunakan masker saat melakukan kegiatan sehari-hari, hal ini dikhawatirkan akan rentannya masyarakat terpapar Covid-19,” tuturnya.

Kedepan pihaknya berharap masyarakat sadar akan pentingnya menjaga kesehatan di tengah pandemi Covid-19 dan selalu melakukan protokol kesehatan dalam beraktivitas.

Bona Simatupang, salah seorang warga Sagulung, yang menerima masker menyampaikan terima kasihnya kepada BP Batam.

“Kami para driver ojek mengucapkan terima kasih kepada BP Batam yang telah membagikan masker kepada kami, di mana saat ini kami sangat memerlukan menggunakan masker dalam beraktivitas,” ujarnya.

Ia juga mengucapkan terima kasih atas perhatian BP Batam kepada masyarakat. Terutama kepada mereka yang sering kontak langsung dengan pelanggan dan sering mengunjungi tempat-tempat keramaian.(*)