batampos.co.id – Pasien positif Covid-19 di Batam bertambah 11 orang, Rabu (3/6). Dari data yang dirilis Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Covid 19 Kota Batam dua diantara pasien tersebut adalah pedagang di Pasar Toss 3000. Keduanya laki-laki berusia 49 tahun dan 46 tahun.

Pasien pertama, seorang laki-laki berinisial KS, usia 49 tahun. Pedagang Pasar Toss 3000 dan beralamat di kawasan Perumahan Glory View, Kelurahan Baloi Permai, Kecamatan Batam Kota. Merupakan kasus baru Covid-19 Nomor 146 Kota Batam.

“Yang bersangkutan merupakan ayah kandung dari terkonfirmasi positif nomor 131 yang istrinya adalah jemaat dan teman terkonfirmasi positif nomor 82 yang bertemu pada saat acara pernikahan,” papar Ketua Gugus Tugas Covid-19 Batam, Muhammad Rudi, dalam rilisnya.

Sehubungan dengan pengembangan Penyelidikan Epidemiologi (PE) lebih lanjut terhadap Cluster HOG Eden Park 49 dan 82 maka yang bersangkutan bersama istri dan anaknya pada 29 Mei 2020 melakukan pemeriksaan RDT dimana hasil untuk yang bersangkutan dan anaknya tersebut “Non Reaktif”. Sedangkan istrinya “Reaktif”, sehingga pada hari itu juga dilanjutkan dengan pengambilan swab tenggorokan.

Lalu, 3 Juni 2020 hasilnya diketahui KS terkonfirmasi “Positif”. Sedangkan istrinya dinyatakan terkonfirmasi “Negatif” dan saat ini sudah dilakukan pengambilan swab tenggorokan yang kedua yang hasilnya belum diperoleh (on process).

Pasien kedua, seorang laki-laki berinisial “Tn.S” usia 46 tahun, pedagang di Pasar Toss 3000. Beralamat di kawasan Perumahan Perum Griya Permai, Kelurahan Sungai Binti, Kecamatan Sagulung. Merupakan kasus baru Covid-19 nomor 151 Kota Batam.

Sehubungan dengan tracing dan pengembangan kasus terkonfirmasi positif nomor 79 yang mengatakan rutin belanja barang kebutuhan warung sembakonya diperoleh dari pasar tersebut, maka pada tanggal 28 Mei 2020 Tim Penanganan Covid-19 Lubukbaja melakukan RDT secara random/acak bagi para pedagang dan diperoleh hasil yang bersangkutan “Reaktif”.

Dan selanjutnya diedukasi untuk melaksanakan karantina mandiri di rumahnya. Kemudian pada keesokan harinya tanggal 29 Mei 2020 dilakukan pengambilan swab tenggorokan yang hasilnya diketahui pada hari ini dengan terkonfirmasi “Positif”.

Sejauh ini kondisi yang bersangkutan dalam keadaan stabil penanganan kesehatannya di rumah sakit rujukan RSKI Covid-19 Galang Kota Batam. (*/uma)