batampos-co.id. Kasus baru positif Covid-19 di Batam terus bertambah. Ketua Gugus Tugas Covid-19 Batam, Muhammad Rudi, membenarkan ada tambahan 11 kasus positif baru Covid-19 di Batam. Data ini merupakan hasil pemeriksaan swab oleh Tim Analis BTKLPP Batam berdasarkan temuan kasus baru (impor) dan hasil tracing closes contact yang terus berlangsung dari cluster HoG Eden Park, Palm Spring, dan cluster baru TGR-Cases 100 Batam.

“Dari 11 kasus baru, tujuh perempuan, empat laki-laki warga Kota Batam,” ujar Rudi, Rabu malam (3/6).

Kasus baru ini didominasi pasien dari cluster baru TGR-Cases 100 Batam. Ada 5 diantara 11 pasien itu beralamat di Sukajadi. Totalnya kini 6 pasien. Bermula dari terkonfirmasi positif nomor 100 yang berjumpa pada silaturahmi lebaran Idul Fitri.

“Hasil tracing dan pengembangan Penyelidikan Epidemiologi (PE) terhadap kasus nomor 100 yang telah menjadi sebuah cluster baru dengan sebutan Cluster TGR,” katanya.

Berikut 5 pasien baru dari Cluster TGR-Cases 100 Batam

1. Seorang laki-laki berinisial “Tn.A” usia 30 tahun. Beralamat di kawasan perumahan Sukajadi, Kelurahan Sukajadi, Kecamatan Batam Kota. Ia merupakan kasus baru Covid-19 Nomor 142 Kota Batam. Yang bersangkutan merupakan adik kandung dari terkonfirmasi positif Nomor 100 dan berjumpa pada silaturahmi Lebaran Idul Fitri.

Menindaklanjuti hasil tracing dan pengembangan Penyelidikan Epidemiologi (PE) terhadap kasus nomor 100 yang telah menjadi sebuah cluster baru dengan sebutan “Cluster TGR”, maka pada tanggal 28 Mei 2020 yang bersangkutan melakukan pemeriksaan RDT dengan hasil “Non Reaktif”.

Selanjutnya pada keesokan hari tanggal 29 Mei 2020 dilakukan pengambilan swab tenggorakan di RSE-BK yang hasilnya diperoleh pada Rabu (3/6) dengan terkonfirmasi “Positif”.

Sejauh ini kondisi yang bersangkutan dalam keadaan stabil dan tidak merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti. Saat ini dalam proses persiapan perawatan isolasi/karantina guna penanganan kesehatannya di rumah sakit rujukan RSKI Covid-19 Galang Kota Batam.

2. Seorang laki-laki berinisial “Tn.MI” usia 29 tahun. Beralamat di kawasan Perumahan Sukajadi, Kelurahan Sukajadi, Kecamatan Batam. Merupakan kasus baru Covid-19 Nomor 143 Kota Batam.

Yang bersangkutan merupakan adik ipar dari terkonfirmasi positif nomor 100 dan berjumpa pada silaturahmi lebaran Idul Fitri. Menindaklanjuti hasil tracing dan pengembangan Penyelidikan Epidemiologi (PE) terhadap kasus nomor 100 yang telah menjadi sebuah Cluster baru dengan sebutan “Cluster TGR”.

Maka pada tanggal 28 Mei 2020 yang bersangkutan melakukan pemeriksaan RDT dengan hasil “Non Reaktif”. Selanjutnya pada keesokan hari tanggal 29 Mei 2020 dilakukan pengambilan swab tenggorakan di RSE-BK yang hasilnya diperoleh pada hari ini dengan terkonfirmasi “Positif”.

Sejauh ini kondisi yang bersangkutan dalam keadaan stabil dan tidak merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti, serta saat ini dalam proses persiapan perawatan isolasi/karantina guna penanganan kesehatannya di rumah sakit rujukan RSKI Covid-19 Galang Kota Batam.

4. Seorang anak perempuan berinisial “An.IAZ” usia 4 tahun. Belum sekolah. Beralamat di kawasan Perumahan Sukajadi, Kelurahan Sukajadi, Kecamatan Batam Kota. Merupakan kasus baru Covid-19 Nomor 144 Kota Batam.

Yang bersangkutan merupakan keponakan dari terkonfirmasi positif nomor 100 dan berjumpa pada silaturahmi lebaran Idul Fitri.

Pada tanggal 29 Mei 2020 dilakukan pengambilan swab tenggorakan di RSE-BK yang hasilnya diperoleh pada hari ini dengan terkonfirmasi “Positif”, sedangkan kedua orangtuanya terkonfirmasi negatif dan sedang menunggu hasil pemeriksaan swab tenggorokan kedua.

5. Seorang perempuan berinisial “Ny.AD” usia 52 tahun, Ibu Rumah Tangga (IRT). Beralamat di kawasan perumahan Sukajadi Kelurahan Sukajadi Kecamatan Batam Kota.  Merupakan kasus baru Covid-19 Nomor 145 Kota Batam.

Yang bersangkutan ibu mertua dari terkonfirmasi positif nomor 100 dan tinggal serumah dengannya. Pada tanggal 29 Mei 2020 dilakukan pengambilan swab tenggorakan di RSE-BK yang hasilnya diperoleh pada hari ini dengan terkonfirmasi “Positif”.

Sejauh ini kondisi yang bersangkutan dalam keadaan stabil dan tidak merasakan adanya gangguan penanganan kesehatannya di rumah sakit rujukan RSKI Covid-19 Galang Kota Batam.(*/uma)