batampos.co.id – Menjelang penerapan New Normal yang akan dilakukan pada 15 Juni 2020, semua pihaknya diminta untuk benar-benar siap untuk menerapkan protokol kesehatan.

Salah satunya di Pelabuhan Internasional di Kota Batam. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, Ardiwinata, mengajak pihak pelabuhan bersiap menyambut tatanan hidup normal baru (new normal).

“Tak hanya fasilitas di pelabuhan saja, sejumlah penyewa juga diminta bersiap,” katanya, Jumat (5/6/2020).

Ia mengungkapkan, dalam penerapan new normal pada 15 Juni 2020 mendatang, berdasarkan instruksi Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, semua elemen masyarakat diminta untuk mempersiapkan diri.

Kadisbudpar Batam, Ardiwinata (kemeja putih) memimpin pertemuan dengan tim CIQP di Pelabuhan Batam Center, Jumat (5/6/2020). Foto: Istimewa untuk batampos.co.id

“Kita minta, nanti waktu dibuka benar-benar siap dan menerapkan protokol kesehatan,” ujarnya.

Adapun penerapan protokol ini kata dia, seperti pengecekan suhu tubuh setiap penumpang yang hendak berangkat dan baru tiba, penggunaan masker, menjaga jarak dan sebagainya.

“Secara keseluruhan, pelabuhan sudah siap,” ujarnya.

Tak hanya itu, di kesempatan itu, Ardi juga menampung masukan dari tim Customs, Immigrations, Quarantine, Ports (CIQP) yang terdiri dari Bea dan Cukai, Imigrasi, Karantina, Syahbandar.

Selain itu, juga memberikan surat pernyataan bagi para penyewa stan di pelabuhan tersebut.

“Ada juga tadi masukan untuk membentuk posko di pelabuhan. Ini segera kita sampaikan ke Ketua Gugus Tugas Covid-19 Batam,” kata dia.(*/esa)