batampos.co.id – Menkopolhukam Mahfud MD bersama Mendagri Tito Karnavian meninjau Rumah Sakit (RS) Khusus Infeksi (RSKI) Pulau Galang, Batam, Kamis (4/6). Mahfud mengatakan, pembangunan RSKI Pulau Galang Batam memperlihatkan komitmen pemerintah dalam penanganan Covid-19.

”RS Pulau Galang ini bagi saya mengingatkan akan dua hal. Pertama, bahwa kita tidak main-main dalam menghadapi Covid-19. Kita tidak main-main, karena sejak awal kita bersama anggota kabinet ini bersama Pak Tito pada akhir Januari sudah berbicara mengenai rumah sakit khusus ini,” kata Mahfud, kemarin.

Menurutnya, RSKI yang telah beroperasi sejak April 2020 tersebut, sejatinya juga telah dipersiapkan sejak awal Februari 2020. Bahkan, rapat kabinet telah membahas Covid-19 sejak awal tahun.

Mahfud menyampaikan, terkait perkembangan penanganan Covid-19 di RS tersebut, hingga saat ini, sejumlah pasien yang dirawat di RSKI Pulau Galang tercatat tingkat kesembuhan 100 persen.

”Kedua, 100 persen pasien di sini sembuh, belum ada yang meninggal. Apa kuncinya? Salah satunya orang sakit itu jangan dibuat stres, pikirannya dibuat tenang, di suruh bergembira, sembuh, ketika dia ketakutan dan stres, imunitasnya turun, di situlah virus itu bekerja. Oleh sebab itu, yang diterapkan di Pulau Galang ini membuat yang sakit bergembira,” jelasnya.

RSKI Pulau Galang Batam, Kepulauan Riau dibangun berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 52 Tahun 2020 tentang Pembangunan Fasilitas Observasi dan Penampungan dalam Penanggulangan Covid-19 atau Penyakit Infeksi Emerging di Pulau Galang. Hadirnya Perpres ini menandakan keseriusan pemerintah dalam melakukan penanganan Covid-19.(*/jpg)