batampos.co.id – Jelang pelaksanaan new normal yang akan dilaksanakan pada Senin (15/6/2020) mendatang, aktivitas di Bandara Internasional Hang Nadim Batam terlihat mulai normal.

Namun hingga Selasa (9/6/2020), jumlah penumpang yang berangkat dan datang masih belum begitu besar.

Direktur Badan Usaha Bandar Udara dan Teknologi Informasi Komunikasi (BUBU TIK), Suwarso, mengatakan, saat ini baru tiga maskapai penerbangan yang beroperasi yaitu Garuda, Sriwijaya dan Citilink.

“Garuda melayani rute Jakarta–Batam- Jakarta. Sementara Citilink saat ini kurang lebih ada delapan rute penerbangan,” tuturnya, Selasa (9/6/2020).

Citilink lanjutnya melayani rute Medan–Pekanbaru-Padang–Palembang– Surabaya–Cengkareng.

Petugas Kantor Kesehatan pelabuhan (KKP) memeriksa surat keterangan bebas Covid-19 para calon penumpang di Bandara Internasional Hang Nadim Batam sebelum memasuki ruang check in. Pemeriksaan dilakukan guna mencegah penularan Covid-19. Foto: Messa Haris/batampos.co.id

“Sriwijaya sudah mulai beroperasi sejak tanggal 7 Mei kemarin. Dengan dua rute penerbangan yakni Jakarta– Batam dan Batam–Natuna,” jelasnya.

Suwarso mengatakan semua calon penumpang wajib memenuhi ketentuan yang telah ditetapkan oleh Kementerian Perhubungan saat akan melakukan perjalanan.

Salah satunya yaitu melengkapi dokumen kesehatan seperti hasil Rapid Test atau Polymerase Chain Reaction (PCR) yang menyatakan bebas dari Covid-19, menggunakan masker dan menerapkan physical distancing.

Selain itu pihaknya juga menerapkan protokol kesehatan lainnya. Seperti pemeriksaan suhu tubuh para calon penumpang dan kru maskapai penerbangan sebelum masuk ke dalam pesawat.

“Kita dibantu oleh temen-temen KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan,red) untuk pemeriksaan suhu tubuh,” jelasnya.

Selain itu kata dia, pada Rabu (10/6/2020), maskapai Lion Air Group akan mulai melayani penerbangan komersil.

Pada Selasa (9/6/2020), Wings Air yang merupakan bagian dari Lion Air Group hanya ada satu penerbangan yang dilakukan Wings Air ke Dabo Singkep, Kabupaten Lingga.

“Besok semua Lion Air Group akan mulai beroperasi,” tuturnya.(mag1/esa)