batampos.co.id – Kapal roro (Roll On – Roll Off) dari Batam ke Kualatungkal-Jambi, Dabo, dan Karimun, sudah kembali beroperasi dan dapat mengangkut penumpang.

“Sebelumnya memang hanya rute Batam ke Tanjunguban yang boleh mengangkut penumpang. Sedangkan ke Tungkal, Dabo dan Karimun, hanya mengangkut barang. Tapi sekarang semuanya sudah boleh lagi mengangkut penumpang,” kata Muhammad Firdaus, Manajer Usaha PT ASDP Cabang Batam, Kamis (11/6).

Meski sudah diperbolehkan mengangkut penumpang, tiap daerah tujuan menerapkan syarat yang hampir sama. Penumpang yang ingin menuju ke Kualatungkal, Dabo, maupun Karimun, harus menunjukkan dokumen bebas Covid-19. Bisa berdasarkan tes PCR maupun rapid test.

“Dengan rapid test saja sudah dapat diterima. Namun, Dabo dan Karimun, surat kesehatan juga diterima.” Pembukaan kembali rute ini, karena masa mudik sudah berakhir. Sehingga beberapa daerah kembali membuka pelabuhan mereka untuk menerima penumpang dari Batam. Walaupun sudah diperbolehkan kembali membawa penumpang, Firdaus mengatakan, jajaran ASDP di Pelabuhan Punggur tetap menerapkan pemeriksaan sesuai protokol pencegahan Covid-19.

“Masyarakat yang membeli tiket tanpa menggunakan masker, kami tidak akan layani. Penggunaan masker itu wajib di kawasan pelabuhan dan di atas kapal,” tegasnya.

Selain itu, sebelum memasuki kapal, seluruh penumpang akan diperiksa suhu tubuhnya. Lalu mereka diminta untuk mencuci tangannya. “Kami sediakan tempat cuci tangan di pelabuhan dan kapal juga. Sehingga dapat mencegah penyebaran Covid-19,” tuturnya.

Penerapan physical distancing juga dilaksanakan di atas kapal. “Jadi, ada jaraknya antarsatu penumpang dengan penumpang lainnya,” pungkas dia. (*/jpg)