batampos.co.id – Jajaran Kepala Staf TNI menyatakan kesiapannya untuk mendukung upaya pemerintah dalam menjalankan New Normal. Para prajurit juga akan turut mendisiplinkan masyarakat untuk menaati protokol kesehatan, sehingga tetap produktif sekaligus aman dari Covid-19.

Pernyataan ini disampaikan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa, bersama Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono, dan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat, Minggu (14/6).

“Tentunya TNI Angkatan Laut juga tetap membantu percepatan penanganan Covid-19 ini. Sekarang pada tahap untuk pendisiplinan masyarakat tentunya kita juga akan lebih giat lagi, terutama pasukan-pasukan yang di lapangan untuk membantu pemerintah daerah untuk mendisiplinkan masyarakat,” kata Laksamana TNI, Yudo Margono.

Hal senada juga diungkapkan oleh KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo. Pihaknya menyatakan kesiapan angkatan yang dipimpinnya untuk membantu sejumlah hal terkait penanganan Covid-19. Selain pendisiplinan masyarakat, TNI AU juga mendukung pengiriman peralatan kesehatan ke seluruh penjuru Indonesia.

“Untuk TNI Angkatan Udara kami tetap siap untuk mendukung dan kami seperti contohnya kita melaksanakan pengiriman peralatan-peralatan kesehatan ke seluruh pelosok Tanah Air selama masih ada pangkalan udara dan bandara. Kami juga tetap melaksanakan operasi-operasi udara karena tetap harus menjaga kedaulatan wilayah negara,” tegas Fadjar.

Sementara itu, Andika menuturkan, Presiden secara khusus meminta angkatan Darat bisa meneladani capaian mantan KSAD Jenderal TNI Pramono Edhie yang baru saja berpulang.

“Presiden secara spesifik menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya Mantan Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal TNI Pramono Edhy Wibowo. Beliau benar-benar mengucapkan terima kasih atas semua jasa-jasa, juga mengucapkan harapan agar keluarga tetap kuat dan angkatan darat bisa meneladani apa yang bisa dicapai,” pungkasnya.(jpg)