batampos.co.id – Gerakan memakai masker harus selalu dipatuhi dengan disiplin untuk mencegah penularan virus Korona. Sebab memakai masker diyakini efektif dalam mencegah penularan, bahkan bisa menekan dan mengurangi jumlah kasus baru Covid-19.

Penelitian di Amerika Serikat mengungkapkan memakai masker efektif mencegah puluhan ribu infeksi. Mengenakan masker lebih efektif untuk mencegah penyebaran virus dan penyakit Covid-19 saat sulitnya menjaga jarak dan tetap tinggal di rumah.

Penelitian itu diungkap oleh para ilmuwan dalam studi yang dipublikasikan di PNAS yakni The Proceedings of National Academy Ilmu Amerika Serikat. Tren infeksi bergeser secara dramatis ketika aturan mengenakan masker diterapkan pada 6 April di Italia utara dan 17 April di New York City. Pada waktu itu, daerah-daerah tersebut adalah yang paling terpukul di dunia.

“Langkah perlindungan ini (mengenakan masker) secara signifikan mengurangi jumlah infeksi, yaitu, lebih dari 78 ribu kasus di Italia dari 6 April hingga 9 Mei dan lebih dari 66 ribh di New York City dari 17 April hingga 9 Mei,” kata para peneliti seperti dilansir dari AsiaOne, Selasa (16/6).

Ketika memakai masker mulai wajib di New York, tingkat infeksi baru setiap hari turun sekitar 3 persen. Tindakan pencegahan kontak langsung, jaga jarak sosial, karantina dan isolasi, dan kebersihan tangan semuanya dilakukan sebelum aturan mengenakan masker wajib diberlakukan di Italia dan New York City.

Masker sangat membantu mencegah penularan melalui udara. Fungsi unik masker untuk memblokir atomisasi dan inhalasi aerosol yang mengandung virus. “Masker berperan dalam mengurangi infeksi secara signifikan,” pungkas peneliti.(jpg)