batampos.co.id – Pilkada tahun 2020 direncanakan akan dilaksanakan pada tanggal 9 Desember 2020 dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) pun telah menerbitkan tahapan, jadwal dan program Pilkada Tahun 2020 ditengah pandemi Corona (Covid-19) melalui Peraturan KPU nomor 5 Tahun 2020.

Dengan demikian, tahapan verifikasi dukungan bakal pasangan calon perseorangan (Independen) yang sebelumnya sempat terhenti juga akan kembali dilaksanakan.

Rian Ernest dan Yusiani Gurusinga satu-satunya bakal pasangan calon perseorangan wali kota dan wakil wali kota Batam tahun 2020 yang telah berhasil menyerahkan 48,919 dukungan kepada KPU Kota Batam pada 24 Februari 2020 lalu, menyatakan siap menghadapi tantangan Pilkada New Normal ini.

“Kami siap seribu persen. Relawan Batam Baru sedang rapatkan barisan,” tutur Rian Ernest.

Ia mengatakan, bagi penantang seperti mereka, tentu situasi pandemi tidaklah mudah. Apalagi angka peningkatan kasus Covid-19 di Batam tidak menggembirakan karena persoalan di lapangan.

Rian Ernest dan Yusiani Gurusinga, Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Independen Siap Menghadapi Tantangan Pilkada New Normal. Foto: Istimewa untuk batampos.co.id

“Menghadapi tantangan luar biasa ini, optimisme saja tidak cukup, kami harus bekerja 10 kali lebih keras. Tim kami telah bekerja luar biasa mempersiapkan skenario menghadapi tahapan Pilkada New Normal ini.” katanya.

Rian mengatakan, ada banyak pertanyaan selama masa Covid-19 soal langkah gerak tim Batam Baru.

Ia harus mengakui, sebagai sebuah gerakan, maka gerakan ini bukanlah gerakan yang berdana besar.

“Plus kami selalu mengutamakan keselamatan timses dan warga. Alhasil selama puncak Covid-19 gelombang pertama, kami sedikit menahan diri utuk berkeliling,” jelasnya.

Saat ini Rian Ernest dan tim tengah mempersiapkan tahapan verifikasi faktual yang direncanakan akan dimulai pada 24 Juni 2020 hingga 12 Juli 2020 mendatang.

“Jalan kami sebagai bakal pasangan calon perseorangan (independen) untuk ikut dalam Pilkada 2020 masih cukup panjang, masih ada tahapan verifikasi faktual, dsb,” paparnya.

Tapi lanjutnya, ia dan tim sangat siap untuk verifikasi faktual.

“Untuk itu kami mohon doa dan dukungan dari teman-teman dan masyarakat BatamBaru.” Pungkas Rian.

Disamping itu, Rian juga mendoakan KPU dan Bawaslu Kota Batam untuk dapat tetap bekerja dengan maksimal.

“Pelaksaanan Pilkada serentak 2020 menjadi tantangan demokrasi tersendiri. Selain menjamin kedaulatan rakyat, juga menjamin keselamatan dan kesehatan masyarakat,” jelasnya.

“Saya berharap agar dana dan pelengkap KPU dan Bawaslu Batam telah siap dan lengkap. Keselamatan teman2 di lapangan adalah yang utama,” ujarnya lagi.(*)