Stres, Anda pasti pernah mengalami. Ternyata untuk mengatasi permasalahan tersebut tidaklah sulit. Para pakar profesional kesehatan mental memberikan tips ritual untuk menghilangkan stres setiap hari.

Ada 6 kiatnya seperti dilansir dari Live Strong, Senin (22/6/2020), berikut daftarnya:

1. Berimajinasi

Cara pertama adalah coba berimajinasi melibatkan pendekatan emosi dan pola pikir dari sudut pandang netral. Ahli Terapi Trauma di Compass Health Center di Chicago, Milica Popovic, menjelaskan cobalah meluangkan waktu untuk melakukan kegiatan mindfulness. Misalnya membayangkan suatu lokasi yang belum pernah dikunjungi sama sekali. Dan Anda akan menjadi lebih semangat lagi.

2. Jadwalkan Waktu Luang

Pengaturan waktu luang Anda dapat membantu untuk menghilangkan stres. Ahli Terapi Psikologi, Aimee Daramus, PsyD menyarankan agar seseorang punya waktu luang setiap hari. Bahkan meskipun hanya lima menit bisa memberi waktu luang untuk kesehatan mental. Gunakan waktu luang untuk hal yang Anda sukai.

3. Lakukan Aktivitas dengan Teknik 5-4-3-2-1

Cobalah dengan teknik mental 5-4-3-2-1 ini. Pertama, menjauhlah dari laptop, ponsel, atau apa pun yang mungkin menyebabkan Anda stres. Tarik napas panjang dan (sebutkan dengan keras) sebutkan lima hal yang ada di sekitar Anda.

Kemudian, buat daftar dan letakkan tangan di empat hal yang dapat Anda sentuh. Berhentilah dan sebutkan tiga hal yang dapat Anda dengar. Sebutkan dua hal yang dapat Anda cium. Akhirnya, catat satu hal yang bisa Anda cicipi, bisa dengan mencoba secangkir kopi.

4. Lakukan Olahraga Singkat

Setelah seharian bekerja untuk mengeluarkan tenaga, sisakan hanya lima menit berolahraga. Cara itu dapat membantu Anda kembali fokus.

Lakukan cukup dengan mengangkat beban sedikit, lakukan beberapa repetisi atau lakukan yoga yang mengurangi kecemasan dengan cepat. Jangan lakukan olahraga berat, karena bisa meningkatkan gejala fisiologis kecemasan seperti peningkatan detak jantung atau sesak di dada.

5. Latihan Pernapasan

Tujuannya adalah untuk memanfaatkan napas kita sebagai cara untuk membantu memperlambat pernapasan dan detak jantung. Sehingga memberi sinyal kepada otak untuk melepaskan ketakutan, stres atau kecemasan.

Tarik napas selama empat hitungan, tahan selama empat hitungan, buang napas selama empat hitungan dan tahan selama empat hitungan. Ulangi urutan ini selama beberapa menit dan fokus untuk memperlambat detak jantung dan menjernihkan pikiran Anda.

6. Bermain dengan Hewan

Ternyata mengelus kesayangan seperti kucing atau anjing yang memiliki bulu bisa mengurangi stres. Cukup lima menit akan membantu memusatkan perhatian.

Mengelus hewan memiliki beberapa manfaat fisiologis. Tingkat hormon stres kortisol bisa lebih rendah.(jpg)