Kamis, 25 April 2024

Bandara Hang Nadim Belum Layani Penerbangan Internasional, Alasannya…..

Berita Terkait

batampos.co.id – Hingga Rabu (24/6/2020) Bandara Internasional Hang Nadim belum membuka rute penerbangan internasional.

Direktur Badan Usaha Bandar Udara dan Tehnologi Informasi Komunikasi (BUBU TIK), Suwarso, mengatakan, hal tersebut dikarenakannya belum adanya permintaan dari maskapai yang akan melakukan penerbangan dari atau ke luar negeri.

“Itu tergantung maskapai,” jelasnya, Kamis (25/6/2020).

Ia mengatakan, sebenarnya ada satu rute penerbangan internasional dari Lion Air Grup.

“Jadwalnya ada yang ke Malaysia dari Malindo Airlines tapi sementara ini belum ada,” ujarnya.

Petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas 1 Batam memeriksa surat keterangan bebas Covid-19 para calon penumpang di Bandara Internasional Hang Nadim Batam sebelum memasuki ruang check in. Pemeriksaan dilakukan guna mencegah penularan Covid-19. Foto: Messa Haris/batampos.co.id

Pihaknya berharap penerbangan internasional di Bandara Hang Nadim Batam dapat segera dibuka.

“Kita mau secepatnya, tapi dari sana (Malaysia,red) belum buka dan informasinya itu sampai akhir tahun,” tuturnya.

Saat ini pihaknya masih terus melakukan komunikasi dengan pihak maskapai penerbangan kapan akan melayani rute internasional.

Ia menjelaskan, beberapa waktu lalu Association of The Indonesian Tours And Travel Agencies (ASITA) Kepulauan Riau juga mempertanayakan apa yang bisa mereka lakukan agar penerbangan internasional dapat kembali dilayani di Bandara Internasional Hang Nadim Batam.

“Kita sampaikan Bandara tidak ada masalah, masih beroperasi 24 jam. Jadi tinggal konektivitas ke sana (maskapai penerbangan,red) karena kita tidak punya akses,” jelasnya.(esa)

Update