Buah belimbing adalah buah dengan rasa asam dan manis. Buah ini terlihat seperti bintang dengan warna kuning serta hijau.

Belimbing mengandung berbagai nutrisi penting termasuk serat, potasium, vitamin C, vitamin B5, folat, dan sejumlah kecil protein.

Buah ini juga rendah kalori yang mendukung penurunan berat badan. Bisa diolah menjadi saus kue, selai, atau mengubahnya menjadi jus. Belimbing bisa bermanfaat menstabilkam tekanan darah tinggi, gula darah, hingga kolesterol.

Pakar Kesehatan dan Penasihat Medis Senior Verywell Fit Richard N. Fogoros, MD menjelaskan, belimbing adalah buah yang ramah bagi pasien diabetes.

Belimbing juga merupakan pilihan sehat bagi penderita diabetes. Penderita diabetes bisa makan buah ini dalam jumlah sedang. Belimbing camilan sehat untuk penderita diabetes.

Buah Belimbing. Foto: Pixabay.com

“Buah-buahan dan sayuran segar bermanfaat untuk manajemen diabetes. Serat dalam buah segar atau kering, seperti belimbing, memperlambat pencernaan makanan dan mencegah lonjakan cepat dalam gula darah,” katanya seperti dilansir dari Verywell Fit, Senin (29/6/2020).

Selain itu, belimbing adalah makanan rendah kalori, padat nutrisi yang dapat membantu dalam pencegahan kenaikan berat badan, yang merupakan faktor risiko utama resistensi insulin. Sertakan buah belimbing dalam rencana makan harian untuk mengurangi risiko diabetes dan membantu menjaga gula darah tetap terkendali.

Dalam laman Doctor NDTV disebutkan buah belimbing juga mengandung kalium dan serat yang berkontribusi terhadap penurunan angka tensi.

Untuk melawan tekanan darah tinggi, Anda dapat menambahkan belimbing serta buah-buahan lain ke dalam asupan harian. Diet sehat dapat membantu melawan hipertensi secara efektif.

Kemudian jumlah serat dan komponen nabati lainnya dalam belimbing membantu dalam mengontrol kadar kolesterol. Fungsi ini dapat meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan. Tekanan darah dan kolesterol yang terkontrol berkontribusi pada kesehatan jantung.

Bagi yang ingin langsing, belimbing mengandung sangat sedikit kalori. Belimbing juga mengandung serat yang bisa membuat Anda kenyang lebih lama dan membuat Anda mengonsumsi lebih sedikit kalori.

Manfaat lainnya, vitamin C dalam belimbing baik untuk kulit. Dan Vitamin B di dalamnya bisa meningkatkan kesehatan rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut.(jpg)