batampos.co.id – Jumlah kasus positif Covid-19 di Kepri per 28 Juni 2020 menyentuh pada angka 293 orang, setelah adanya penambahan dua kasus baru.

Hal ini disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kepri, Tjetjep Yudiana.

Ia menjelaskan, dari jumlah itu ada 222 orang tersebar dalam 18 klaster besar di empat kabupaten/kota yang ada di Provinsi Kepri. Sedangkan kasus lainnya merupakan kasus tunggal.

“Setelah kita petakan berdasarkan tracking, ada 19 klaster besar penyebaran Covid-19
di Kepri. Posisi puncak masih Klaster HoG Eden Park Batam dengan 49 kasus,” ujar Tjetjep, kemarin di Tanjungpinang.

Tangkapan layar webiste lawancorona.batam.go.id yang memperlihatkan peta penyebaran di seluruh kecamatan di Kota Batam. Hingga Minggu (28/6/2020) tidak ada lagi kecamatan di wilayah tersebut masuk dalam zona hitam dan merah.

Dijelaskannya, grafik sembuh hingga pekan ke-26 terus meningkat. Dengan adanya tambahan 19 kasus yang dikonfirmasi sembuh se-Kepri, maka kini sudah berjumlah 240 orang.

Pasien yang dinyatakan sembuh 14 orang dari kelompok karantina, tiga pasien lainnya yang dirawat di rumah sakit.

Disebutkannya, saat ini masih tersisa 32 pasien yang dikarantina dan lima dirawat di rumah sakit.

Selain adanya penambahan dua kasus baru pada awal pekan ke-26 ini, daftar Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan Daftar Orang Dalam Pemantauan (ODP) tidak terjadi penambahan jumlah.

Sedangkan kelompok yang terjadi penambahan adalah OTG sebanyak tiga orang. Lebih lanjut, kata Tjetjep, jumlah PDP yang dalam pengawasan sebanyak 206 orang.

Kemudian, jumlah ODP sampai saat ini sebanyak 191 orang. Secara keseluruhan mereka yang masuk dalam daftar pantau sampai kemarin adalah 3.294 orang.

Sedangkan OTG dalam proses pemantauan berjumlah 8.423 orang.(*/jpg)