Rabu, 24 April 2024

Besok HUT Bhayangkara, Polri Beri SIM Gratis Untuk 4 Ribu Warga

Berita Terkait

batampos.co.id – Menyambut HUT Bhayangkara ke-74 yang jatuh pada 1 Juli 2020, Polri akan memberikan layanan pembuatan SIM gratis. Program ini diberikan khusus kepada 4.308 warga yang lahir bertepatan dengan hari jadi Polri.

Kebijakan SIM gratis ini tertuang dalam Surat Telegram Rahasia (TR) Kapolri Jenderal Idham Azis bernomor ST/1671/VI/YAN.1.1./2020 tanggal 12 Juni 2020 yang ditandatangani oleh Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono. Dalam telegram itu disebutkan pelayanan ini dilakukan di Satpas seluruh Indonesia.

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono mengatakan, dalam pembuatan SIM gratis, masyarakat tidak akan dikenai biaya pembuatan SIM atau Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). “Pemberian pelayanan bebas biaya pembuatan SIM ini hanya untuk warga yang lahir di tanggal 1 Juli atau bertepatan dengan Hari Bhayangkara,” ujarnya kepada wartawan, Selasa (30/6).

Sementara itu, Direktur Registrasi dan Identifikasi (Dirregident) Korlantas Polri Brigjen Pol Yusuf mengatakan, layanan SIM gratis ini hanya untuk SIM A dan SIM C. Adapun syarat yang harus dibawa pemohon adalah membawa e-KTP asli dan fotokopi, lulus tes kesehatan, lulus ujian teori dan praktik, serta membawa SIM asli khusus proses perpanjangan.

“Sampai saat ini jumlah warga yang sudah mendaftar program SIM gratis ini sebanyak 4.308 orang di seluruh Indonesia,” sambungnya.

Seluruh satpas di lingkungan polres bersiap menjalankan program tersebut. Adapun yang telah melaksanakan seperti di Polres Kobar, Kalimantan Tengah. Satuan Lalu Lintas bahkan menyiapkan doorprize menarik berupa dua unit handphone bagi pendaftar SIM gratis.

“Untuk masyarakat yang telah mendaftar dan mengikuti program layanan SIM Gratis dan telah memenuhi syarat akan kami berikan doorprize berupa handphone, bagi pendaftar yang beruntung,” kata Kasatlantas Polres Kobar AKP Marsono.

Polres Pandeglang, Banten juga telah menjalankan program ini. Merekan pun menyiapkan undian berhadiah menarik berupa sepeda. Bagi yang tidak mendapat hadiah utama, akan diberi souvenir.

“Mereka langsung mengambil kertas undian di tempat yang sudah kami sediakan, jadi setelah membuat SIM baru mereka langsung mengambil kertas tadi. Jika kurang beruntung tetap mendapatkan souvenir,” tutup Kasatlantas Polres Pandeglang Iptu Riska Tri Arditia. (jpg)

Update